Penerapan pendekatan esperiental learning untuk meningkatkan hasil belajar sifat cahaya di kelas V SDN Plososari III Pasuruan / Dwi Purwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan esperiental learning untuk meningkatkan hasil belajar sifat cahaya di kelas V SDN Plososari III Pasuruan / Dwi Purwanto

Purwanto, Dwi (2010) Penerapan pendekatan esperiental learning untuk meningkatkan hasil belajar sifat cahaya di kelas V SDN Plososari III Pasuruan / Dwi Purwanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwanto Dwi. 2010. Penerapan Pendekatan Experiential Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sifat Cahaya di Kelas V SDN Plososari III Pasuruan. Skripsi Program Studi S1-PGSD Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sumato M.Pd (2) Dra. Hj. Sri Estu Winahyu M.Pd. Kata kunci Pendekatan Experiential Learning Hasil Belajar Sifat Cahaya Pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang ditujukan untuk mempersiapkan generasi yang unggul sebagai sumber daya yang berkualitas. Salah satu ciri dalam pendidikan adalah adanya unsur guru yang memiliki kemampuan untuk mendidik dan melakukan inovasi dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar. Kesulitan dan ketidaktuntasan belajar siswa di kelas V SDN Plososari III Pasuruan dalam menguasai materi sifat cahaya dikarenakan orientasi mengajar pada siswa hanya pada segi pencapaian akademik metode mengajar masih secara konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kegiatan belajar mengajar IPA materi sifat cahaya melalui pendekatan Experiential Learning (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa tentang sifat cahaya dengan diterapkannya pendekatan Experiential Learning dan (3) mendeskripsikan aktifitas siswa dan guru saat kegiatan belajar mengajar materi sifat cahaya melalui pendekatan Experiential Learning di kelas V SDN Plososari III Pasuruan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian tindakan kelas yang dirancang dua siklus masing-masing siklus terdiri 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah 25 orang siswa kelas V SDN Plososari III semester 2 tahun ajaran 2009/2010. Setelah pengolahan data didapat analisa data penelitian ini siklus I dan siklus II pada kegiatan belajar mengajar materi sifat cahaya (1) aktifitas siswa siklus I memiliki kategori aktif dengan prosentase 76%. Ada peningkatan pada siklus II dengan prosentase 100% siswa sudah aktif (2) kegiatan guru dalam merumuskan RPP pada siklus I memiliki kategori lengkap dengan nilai 94 12 mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai 98 53 dengan kategori sangat lengkap (3) kegiatan guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada siklus I adalah cukup berhasil dengan nilai 81 82. Ada peningkatan pada siklus II dengan nilai 97 73 dengan kategori sangat berhasil (4) Hasil rata-rata nilai evaluasi siswa dari siklus I sampai siklus II selalu meningkat siklus I dengan nilai 77 60. Siklus II dengan nilai 94 80 dengan kategori semua siswa sudah tuntas menguasai materi sifat cahaya dan tidak ditemukan kendala apapun. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan belajar mengajar materi sifat cahaya meggunakan pendekatan Experiential Learning di kelas V SDN Plososari III Pasuruan mampu membuat siswa aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar. Dan disarankan agar para guru mencoba menerapkan kegiatan belajar mengajar yang berbasis pendekatan Experiential Learning pada mata pelajaran IPA khususnya materi pokok sifat cahaya di kelas V.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103299

Actions (login required)

View Item View Item