Penggunaan tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IV SDN Susukanrejo I Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan / Sodikin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IV SDN Susukanrejo I Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan / Sodikin

Sodikin (2010) Penggunaan tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IV SDN Susukanrejo I Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan / Sodikin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKSI Sodikin. 2010. Penggunaan Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN Susukanrejo I Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan S 1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1). Drs I.Wayan Sutama M.Pd (2). Dra Sri Sugiharti M.Pd Kata Kunci Tutor Sebaya Hasil Belajar IPS SD Berdasarkan observasi terhadap pembelajaran IPS dan hasil wawancara dengan guru kelas serta beberapa siswa dapat diketahui bahwa selama ini pembelajaran IPS di SDN Susukanrejo I masih berpusat pada guru sehingga siswa cenderung pasif. Akibatnya hasil belajar yang dicapai tidak dapat memenuhi SKM yang ditentukan. Untuk itu perlu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan tutor sebaya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan tutor sebaya dalam meningkatkan hasil belajar ILmu Pengetahuan Sosial materi peninggalan sejarah di Indonesia siswa kelas IV SDN Susukanrejo I Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan dan (2) Mendeskripsikan penggunaan tutor sebaya dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi peninggalan sejarah di Indonesia siswa kelas IV SDN Susukanrejo I Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan.Rancangan dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart melalui 2 siklus (siklus I dan siklus II) dan 2 kali pertemuan. Dalam pelaksanaannya pembelajaran ini dibagi menjadi beberapa tahap yaitu (1) pra tindakan yaitu dengan memberikan pre tes sebagai pratindakan yang bertujuan untuk mengetahui data nilai siswa yang mengalami kesulitan belajar (2) siklus satu yaitu melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan tutor sebaya dan siklus ke dua yaitu melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan tutor sebaya yang disempurnakan dari kekurangan yang dialami pada siklus I atau hasil refleksi dari siklus I. Hasil penelitian ini adalah pada siklus I ketuntasan belajar individu mencapai 56 6% yang berarti meningkat sebesar 16 7% dari sebelum menggunakan tutor sebaya melalui pre tes pada pra tindakan yang mencapai 23 3%. Selanjutnya pada siklus II ketuntasan individu meningkat menjadi 87% dan dinyatakan berhasil tuntas. Dengan demikian disimpulkan bahwa pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Susukanrejo I kecamatan Pohjenytrek kabupaten Pasuruan. Disarankan kepada guru hendaknya menggunakan tutor sebaya khususnya dalam mata pelajaran IPS. Karena menarik minat siswa dalam belajar sehingga mudah memahami materi dan tujuan pembelajaran akan tercapai secara optimal. Bagi peneliti lain penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dan acuan dalam penelitian selanjutnya sehingga hasilnya dapat dijadikan pedoman dan pengembangan profesi dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103296

Actions (login required)

View Item View Item