Peningkatan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS kelas 2 dengan model permainan snowball throwing di SDN Tulusrejo 4 Kota Malang / Vita Nur Aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS kelas 2 dengan model permainan snowball throwing di SDN Tulusrejo 4 Kota Malang / Vita Nur Aini

Aini, Vita Nur (2010) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS kelas 2 dengan model permainan snowball throwing di SDN Tulusrejo 4 Kota Malang / Vita Nur Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aini Vita Nur. 2010. Peningkatan Aktivitas dan Hasil belajar Mata Pelajaran IPS Kelas 2 dengan Model Permainan Snowball Throwing di SDN Tulusrejo 4. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi SI PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sa dun Akbar M.Pd (II) Dra. Sri Sugiharti M.Pd. Kata Kunci Permainan Snowball Throwing aktivitas belajar hasil belajar. SDN. Tulusrejo 4 Malang merupakan sekolah yang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Hasil observasi awal pada bulan tanggal 28 Januari 2010 serta berdasarkan hasil ulangan siswa ditemukan kondisi tentang rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas II khususnya pada mata pelajaran IPS. Di dalam kelas siswa cenderung ramai asik bermain sendiri dan tidak memperhatikan guru yang sedang mengajar. Kegiatan pembelajaran secara kelompok yang dilakukan oleh siswa mengembangkan keterampilan sosial mereka dan pembelajaran dengan bermain dilakukan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan model permainan Snowball Throwing serta untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas 2 dengan model permainan Snowball Throwing. Pembelajaran dengan permainan Snowball Throwing adalah salah satu model pembelajaran dengan permainan saling melempar daftar pertanyaan dari satu kelompok ke kelompok lain dengan media bola atau kertas yang diremas sesuai dengan materi pelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus tindakan. Dalam satu siklus meliputi tahap perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas II. Metode pengumpulan data meliputi observasi kegiatan siswa dan guru selama pembelajaran berlangsung hasil kerja kelompok siswa serta hasil tes akhir yang dilakukan tiap siklus. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 71% yang termasuk kriteria baik meningkat menjadi 88 % yang termasuk kriteria sangat baik pada siklus II. Hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil tes tulis yang dilakukan pada akhir pembelajaran menunjukkan peningkatan. Peningkatan tersebut tampak pada nilai terendah yang meningkat sebesar 20 poin nilai tertinggi 15 poin rata-rata kelas 9 poin dan jumlah siswa yang tuntas meningkat 22 %. Jumlah siswa yang tuntas mencapai 91% dan berdasarkan kriteria keberhasilan tindakan termasuk kriteria sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model permainan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kelas II pada mata pelajaran IPS di SDN Tulusrejo 4 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar guru menggunakan model permainan Snowball Throwing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan penelitian ini dapat dijadikan langkah awal untuk penelitian lebih lanjut yang sebaiknya lebih variatif dalam mengembangkan permainan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103293

Actions (login required)

View Item View Item