Peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKn materi kejujuran melalui model sinektik bagi siswa kelas II SDN Manaruwi-I Bangil / Siti Khotijah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKn materi kejujuran melalui model sinektik bagi siswa kelas II SDN Manaruwi-I Bangil / Siti Khotijah

Khotijah, Siti (2010) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKn materi kejujuran melalui model sinektik bagi siswa kelas II SDN Manaruwi-I Bangil / Siti Khotijah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khotijah Siti. 2010 . Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar PKn Materi Kejujuran Melalui Model Sinektik Bagi Siswa Kelas II SDN Manaruwi I Bangil.Skirpsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah. FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. H. Sutarno M.Pd (2) Drs. H. Rumidjan M.Pd. Kata Kunci Model Sinektik PKn Aktivitas dan Hasil Belajar. Pembelajaran PKn di SD kelas rendah hendaknya menarik dan membuat siswa senang belajar sambil berkreativitas untuk menemukan sendiri apa yang sudah dipelajari dan memecahkan suatu permasalahan yang ada pada materi yang selama dibahas. Berdasarkan observasi dikelas II dan wawancara dengan guru kelas II yang dilakukan pada tanggal 6 febuari 2010 diketahui bahwa terdapat permasalahan pada pembelajaran PKn dikelas tersebut. Secara umum permasalahan tersebut dapat diidentifikasi menjadi beberapa masalah yaitu aktivitas dan hasil belajar. Oleh karena itu pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan model sinektik melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model sinektik pada mata pelajaran PKn untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN Manaruwi I Bangil mendeskripsikan dampak penerapan model sinektik pada mata pelajaran PKn untuk meningkatkan proses belajar siswa kelas II SDN Manaruwi I Bangil dan mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas II SDN Manaruwi I Bangil. Penelitian ini menggunakan model PTK dengan 2 siklus dengan standar nilai kelulusan minimal 75. Dengan ketuntasan belajar sebesar 94%. Tehnik pengumpulan data penelitian ini adalah Observasi Tes Catatan Lapangan dan Wawancara. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan mulai pertengahan April sampai pertengahan Mei. Subyek penelitian adalah siswa kelas II SDN Manaruwi I Bangil yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model sinektik pada pembelajaran PKn aktivitas belajar siswa pada siklus I dan II sesuai dengan langkah sinektik meningkat dari 66 4 menjadi 82 5 sedangkan hasil belajar siswa dari siklus I dan II meningkat dari 22 15 menjadi 79 10. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan guru pada pembelajaran PKn hendaknya menggunakan pembelajaran yang bervariasi yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103290

Actions (login required)

View Item View Item