Developing supplementary speaking materials for the tenth graders of Hotel Management Program at SMKN 1 Panji, Situbondo / Farida Ratnaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing supplementary speaking materials for the tenth graders of Hotel Management Program at SMKN 1 Panji, Situbondo / Farida Ratnaningtyas

Ratnaningtyas, Farida (2017) Developing supplementary speaking materials for the tenth graders of Hotel Management Program at SMKN 1 Panji, Situbondo / Farida Ratnaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratnaningtyas Farida. 2016. Pengembangan Bahan Ajar untuk Keterampilan Berbicara Siswa Managemen Perhotelan Kelas 10 SMKN 1 Panji Situbondo. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Furaidah M.A. (II) Dra. Sri Andreani M.Ed. Keywords bahan ajar keterampilan berbicara managemen perhotelan kelas 10 Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk bahan ajar untuk keterampilan berbicara siswa Managemen Perhotelan kelas 10 SMKN 1 Panji Situbondo. Pengembangan bahan ajar didasarkan pada kurangnya activitas latihan berbicara yang tidak berhubungan dengan program perhotelan di buku siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari Latief (2014) dan Hyland (2003). Model pengembangan terdiri dari delapan tahap yaitu (1) mengumpulkan informasi (2) merencanakan (3) mengembangkan produk (4) validasi ahli (5) revisi produk I (6) uji coba produk (7) revisi produk II and (8) produk akhir. Instrumen penelitian yang digunakan adalah petunjuk wawancara guru lembar validasi ahli and kuisioner siswa. Hasil dari wawancara guru digunakan sebagai acuan untuk membuat analisis kebutuhan siswa bersamaan dengan analysis buku siswa dan silabus. Hasil dari validasi ahli dan kuisioner siswa dianalisis secara kuantitatif and kualitatif. Bahan ajar yang dikembangkan menggunakan topik tentang aktivitas di hotel terutama aktivitas di meja resepsionis dan pelayanan hotel.Pemilihan topik didasarkan pada analysis silabus mata pelajaran bahasa Inggris dan Menyediakan Layanan Akomodasi Reception. Setelah melakukan prosedur diatas penulis membuat hasil akhir dari bahan ajar.Bahan ajar akhir mencakup tiga kompetensi dasar yaitu memperkenalkan diri memberikan pujian dan ucapan selamat dan menunjukkan niat. Bahan ajar akhir terdiri dari delapan aktivitas yaitu (1) Getting Started (2) Let s Have Fun (3) Speak Up (4) Building Blocks (5) Peer Assessment (6) Show time (7) Know it dan (8) Learning Checklist. Penulis juga membuat buku guru untuk menyediakan petunjuk penggunaan buku siswa yang juga dilengkapi dengan kunci jawaban. Revisi produk dilaksanakan sebelum dan sesudah uji coba produk.Revisi pertama berdasarkan komen dan masukan dari dosen bahasa Inggris dan guru pada tahan validasi.Revisi kedua berdasarkan komen dan masukan siswa yang dikumpulakn melalui kuisioner setelah uji coba produk di laksanakan.Hasil dari uji coba produk menunjukkan bahwa siswa tertarik menggunakan bahan ajar yang dikembangkan oleh penulis. Bahan ajar itu membantu menyediakan kegiatan untuk keterampilan berbicara yang bervariasi. Kelemahan dari penelitian ini adalah tidak semua aktivitas dalam bahan ajar diuji cobakan dan uji coba produk hanya dilakukan sekali. Penulis merekomendasikan pada guru yang akan menggunkana bahan ajar ini untuk melakukan perubahan jika diperlukan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan siswa. Untuk para peneliti yang akan datang penelitian ini bisa digunakan sebagai referensi untuk mengembangan produk dengan topik sejenis dengan tingkat kemampuan siswa yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10329

Actions (login required)

View Item View Item