Peningkatan hasil belajar IPS materi pokok masalah sosial dengan menggunakan metode inkuiri kelas IV SDN Sladi kecamatan kejayan Kabupaten Pasuruan / Rizal Anakoda - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS materi pokok masalah sosial dengan menggunakan metode inkuiri kelas IV SDN Sladi kecamatan kejayan Kabupaten Pasuruan / Rizal Anakoda

Anakoda, Rizal (2010) Peningkatan hasil belajar IPS materi pokok masalah sosial dengan menggunakan metode inkuiri kelas IV SDN Sladi kecamatan kejayan Kabupaten Pasuruan / Rizal Anakoda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anakoda Rizal. 2010. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Pokok Masalah Sosial dengan Menggunakan Metode Inkuiri di Kelas IV SDN Sladi Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dra Sri Sugiharti M. Pd. (2) Dra. Murtiningsih M. Pd Kata Kunci Hasil Belajar IPS Metode Inkuiri Berdasarkan observasi di kelas IV SDN Sladi Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran salah satunya adalah rendahnya hasil belajar dan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS materi pokok masalah sosial. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini bertujuan untuk 1. Mendeksripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri 2. Mendeskripsikan tentang peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode inkuiri 3. Mendeskripsikan penggunaan metode inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas diapdopsi dari model penelitian Kemmis dan Taggart dengan empat tahap yaitu 1. Perencanaan tindakana 2. Pelaksanaan dan observasi 3. Refleksi dan 4. Revisi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 18 orang siswa kelas IV SDN Sladi Kecamatan Kejayan kabupaten Pasuruan. Isntrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar RPP lembar pengamatan keaktivan siswa pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan pada pembelajaran IPS dengan menggunakan metode inkuiri yang diterapkan di kelas IV SDN Sladi Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan adalah meningkatnya hasil belajar dan keaktifan siswa sudah mencapai standar ketuntasan minimal. Namun sekalipun demikian penelitian lanjutan yang berkaitan dengan masalah masalah yang sudah dipaparkan diatas harus terus dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar pengguna metode inkuiri pada mata pelajaran IPS perlu ditindak lanjuti oleh guru kelas IV SDN Sladi Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan karena metode inkuiri mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103289

Actions (login required)

View Item View Item