Meningkatkan kemampuan menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat melalui pembelajaran TPS dengan menggunakan media benda konkret / Siti Juhariyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat melalui pembelajaran TPS dengan menggunakan media benda konkret / Siti Juhariyah

Juhariyah, Siti (2010) Meningkatkan kemampuan menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat melalui pembelajaran TPS dengan menggunakan media benda konkret / Siti Juhariyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Juhariyah S. 2010. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Pembelajaran TPS dengan Menggunakan Media Benda Konkret. Skripsi Program S1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidkan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd M.Pd (2) Dra. Sri Harmini M.Pd Kata kunci TPS media operasi bilangan bulat SD. Pembelajaran matematika pada tingkat sekolah dasar memerlukan penyajian dan media yang mampu menurunkan tingkat keabstrakan materi matematika dan mampu menarik minat siswa untuk belajar. Salah satu materi matematika pada sekolah dasar yang bersifat abstrak adalah pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat diperlukan model pembelajaran TPS dengan menggunakan media benda konkret. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran TPS untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan media benda konkret di kelas IV MI Miftahul Ulum Curah Keris Kalipang (2) Mendeskripsikan tingkat keberhasilan belajar siswa dalam menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui pembelajaran TPS dengan menggunakan media benda konkret (3) Mendeskripsikan tingkat aktifitas belajar siswa dalam menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui pembelajaran TPS dengan menggunakan media benda konkret. Anak SD memiliki usia 7 sampai 12 tahun berada pada tahap berpikir operasional konkret. Perkembangan anak pada tahap operasional konkret mengarah pada berpikir logis yang didasarkan atas manipulasi fisik dari obyek-obyek atau peristiwa-peristiwa yang langsung dialami anak. Media pembelajaran (alat peraga) yang sesuai pada tahap ini berupa benda-benda konkret model dan pengalaman nyata siswa. Sedangkan sarananya dapat berupa LKS. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif..Penelitian dilaksanakan di MI Miftahul Ulum Curah Keris Kalipang dengan subyek penelitian sebanyak 20 siswa. Dari hasil penelitian diketahui bahwa siswa yang tuntas dalam belajar mengalami peningkatan dari hasil pre test sebanyak 5 orang (25%) menjadi 16 orang (80%) pada siklus I. Selanjutnya dari siklus I ke siklus II meningkat dari 16 orang (80%) menjadi 18 orang (90%). Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran TPS dengan menggunakan media benda konkret dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Pembelajaran TPS juga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103286

Actions (login required)

View Item View Item