Pemanfaatan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi tokoh pejuang proklamasi kemerdekaan siswa kelas V SDN Curah Dukuh II Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Luluk Winarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi tokoh pejuang proklamasi kemerdekaan siswa kelas V SDN Curah Dukuh II Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Luluk Winarti

Winarti, Luluk (2010) Pemanfaatan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi tokoh pejuang proklamasi kemerdekaan siswa kelas V SDN Curah Dukuh II Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Luluk Winarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKS Winarti Luluk. 2010. Pemanfaatan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Tokoh Pejuang Proklamasi Kemerdekaan Siswa Kelas V SDN Curah Dukuh II Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan Skripsi Jurusan S 1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1). Drs. Usep Kustiawan M.Sn. (2). Dra. Sri Sugiharti M.Pd. Kata Kunci Media Gambar Peningkatan Hasil Belajar IPS SD Dalam pembelajaran IPS di Sekolah Dasar ada beberapa hal yang perlu diperhatikan salah satunya adalah penggunaan media. Ketuntasan suatu pembelajaran dapat dilihat dari tercapainya tujuan yang diharapkan dengan menggunakan acuan tertentu sebagai dasar. Dalam penelitian ini keberhasilan dan ketuntasan didasarkan pada penilaian acuan kriteria yaitu siswa dikatakan tuntas belajar (berhasil) jika telah mencapai skor penguasaan minimal 70 %. Sedangkan kelompok atau kelas dikatakan tuntas belajar ( berhasil ) jika minimal dari 80 % dari jumlah kelompok atau kelas mencapai ketuntasan perseorangan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan hasil belajar ILmu Pengetahuan Sosial materi Tokoh-tokoh perjuangan di sekitar proklamasi kemerdekaan siswa kelas V SDN Curah Dukuh II Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan sebelum menggunakan media gambar (2) Mendeskripsikan hasil belajar ILmu pengetahuan Sosial materi Tokoh-tokoh perjuangan di sekitar proklamasi kemerdekaan siswa kelas V SDN Curah Dukuh II Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan sesudah menggunakan media gambar. (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi Tokoh-tokoh perjuangan di sekitar proklamasi kemerdekaan siswa kelas V SDN Curah Dukuh II Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan dengan memanfaatkan media gambar 4) Mendeskripsikan pemanfaatan media gambar dalam meningkatkan Aktivitas belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi Tokoh-tokoh perjuangan di sekitar proklamasi kemerdekaan siswa kelas V SDN Curah Dukuh II Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) (Kemmis Taggart) dengan 2 siklus dan 4 kali pertemuan. Dalam pelaksanaannya pembelajaran ini dibagi menjadi beberapa tahap yaitu (1) tindakan awal yaitu dengan memberikan pre tes sebagai tes awal yang bertujuan untuk mengetahui data nilai siswa yang mengalami kesulitan belajar (2) siklus pertama (tindakan I) yaitu melaksanakan pembelajaran dengan pemanfaatan media gambar dan siklus ke dua (Tindakan II) yaitu melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan media gambar yang disempurnakan dari kekurangan yang dialami pada siklus I atau hasil refleksi dari siklus I. Hasil penelitian ini adalah pada siklus I ketuntasan belajar individu mencapai 72 5% yang berarti meningkat sebesar 35% dari sebelum pemanfaatan media gambar melalui pre tes pada tindakan awal yang mencapai 37 5%. Selanjutnya pada siklus II ketuntasan individu meningkat menjadi 85% dan dinyatakan berhasil tuntas. Dengan demikiaan disimpulkan bahwa pemanfaatan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar. Disarankan kepada guru hendaknya memanfaatkan media gambar khususnya dalam pembelajaran IPS. Karena mudah dilaksanakan dan dapat menarik minat siswa dalam belajar sehingga mereka mudah memahami materi sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai secara optimal. Bagi peneliti lain penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan acuan dalam penelitian selanjutnya sehingga hasilnya dapat dijadikan pedoman dan pengembangan profesi dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103285

Actions (login required)

View Item View Item