Penggunaan peralatan seqip untuk meningkatkan pembelajaran sains siswa kelas V SDN Tidu I Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan / Romlah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan peralatan seqip untuk meningkatkan pembelajaran sains siswa kelas V SDN Tidu I Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan / Romlah

Romlah (2010) Penggunaan peralatan seqip untuk meningkatkan pembelajaran sains siswa kelas V SDN Tidu I Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan / Romlah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Romlah. 2010. Penggunaan Peralatan SEQIP untuk Meningkatkan Pembelajaran Sains Siswa Kelas V SDN Tidu I Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuuan. Skripsi Jurusan S 1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sutrisno S.Pd M.Pd Pembimbing (II) Drs Heru Agus Triwijaya M.Pd. Kata Kunci Peralatan SEQIP (Secience Education Quality Improvement Project) Meningkatkan Pembelajaran Sains Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar khususnya di SDN Tidu I Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan masih didominasi dengan pembelajaran konvesional guru menerapkan metode ceramah dan tanya jawab tanpa menggunakan alat peraga sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pelajaran. Sehingga mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan dan berakibat pada hasil belajar yang kurang optimal. Untuk itu peneliti perlu melakukan perbaikan dengan menggunakan peralatan SEQIP. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan penggunaan peralatan SEQIP dalam pembelajaran sains siswa kelas V SDN Tidu I Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan 2) Mendeskripsikan penggunaan peralatan SEQIP dalam meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas V SDN Tidu I Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan 3) Mendeskripsikan Aktifitas siswa kelas V SDN Tidu I Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan dalam pembelajaran sains dengan menggunakan peralatan SEQIP dan 4) Mendeskripsikan Tanggapan siswa kelas V SDN Tidu I Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan dalam pembelajaran sains dengan menggunakan peralatan SEQIP. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Instrumen pengumpul data berupa hasil observasi wawancara dan hasil tes yaitu ulangan siklus I dan ulangan siklus II. Hasil penelitian ini adalah 1) penerapan penggunaan peralatan SEQIP dalam meningkatkan hasil belajar siswa 2) meningkatkan hasil belajar siswa 3) meningkatkan aktivitas siswa dan 4) mendapatkan tanggapan yang baik dari siswa tentang penggunaan peralatan SEQIP Dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan peralatan SEQIP dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas V SDN Tidu I Pasuruan. Dan disarankan kepada guru hendaknya menggunakan peralatan SEQIP dalam pembelajaran SEQIP materi pesawat sederhana karena dapat menarik minat siswa dalam belajar sehingga mereka mudah memahami materi dan tujuan pembelajaran yang diharapkan akan tercapai secara optimal. Bagi peneliti lain penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan acuan dalam penelitian selanjutnya sehingga hasilnya dapat dijadikan pedoman dan pengembangan profesi dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103284

Actions (login required)

View Item View Item