Peningkatan hasil belajar matematika melalui pendekatan pemecahan masalah di kelas V SDN Kebonagung 06 Kabupaten Malang tahun ajaran 2009/2010 / Danik Yuliestiyarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika melalui pendekatan pemecahan masalah di kelas V SDN Kebonagung 06 Kabupaten Malang tahun ajaran 2009/2010 / Danik Yuliestiyarini

Yuliestiyarini, Danik (2010) Peningkatan hasil belajar matematika melalui pendekatan pemecahan masalah di kelas V SDN Kebonagung 06 Kabupaten Malang tahun ajaran 2009/2010 / Danik Yuliestiyarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuliestiyarini Danik. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah Di Kelas V SDN Kebonagung 06 Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Sarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Endro Wahyuno M. Si Pembimbing (II) Drs. Imron Rosyadi H. Sy M.Pd. Kata kunci pemecahan masalah hasil belajar operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebonagung 06 Malang. Latar belakang diadakannya penelitian ini yaitu masih rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa di kelas V pada pembelajaran Matematika khususnya materi operasi hitung bilangan bulat. Hal ini terlihat pada saat tahap observasi awal atau tahap pra tindakan banyak siswa yang belum mencapai nilai KKM yang ditentukan guru sebesar 65. Oleh karena itu maka perlu adanya pembelajaran Matematika melalui pendekatan pemecahan masalah untuk materi operasi hitung bilangan bulat melalui Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran matematika dengan pendekatan Pemecahan Masalah pada materi operasi hitung bilangan bulat di kelas V SD Negeri Kebonagung 06 Kabupaten Malang (2) meningkatkan keaktifan siswa (3) meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri Kebonagung 06 melalui pendekatan Pemecahan Masalah khususnya pada materi operasi hitung campuran bilangan bulat. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kebonagung 06 Kabupaten Malang selama dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang meliputi 1) Perencanaan 2) pelaksanaan tindakan 3) observasi dan 4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dan peningkatan hasil belajar pada materi operasi hitung bilangan bulat di kelas V SD Negeri Kebonagung 06 kabupaten Malang. Kenaikan persentase keaktifannya yaitu dari pra tindakan hanya 54 25% siklus pertama sebesar 68% dan siklus kedua naik menjadi 86%. Jika dihitung kenaikan awal yaitu dari pra tindakan ke siklus pertama sebesar 13 75%. Sedangkan kenaikan persentase dari siklus pertama ke siklus kedua sebesar 18%. Siswa yang sebelumnya banyak yang belum tuntas pada pra tindakan sebanyak 24 siswa kemudian berkurang pada siklus pertama menjadi 9 siswa. Bahkan untuk siklus kedua berkurang lagi dan hanya tinggal 3 siswa saja. Untuk nilai rata-rata juga mengalami peningkatan. Pra tindakan nilai rata-ratanya hanya sebesar 65 12 meningkat menjadi 70 37 pada siklus pertama dan meningkat lagi pada siklus kedua menjadi sebesar 75. Sedangkan persentase ketuntasan tes hasil belajar peningkatan yang terjadi juga sangat besar. Pra tindakan persentase ketuntasan hanya sebesar 42 5% meningkat pada siklus pertama menjadi 77 5% dan meningkat lagi pada siklus kedua menjadi 92 5%. Dari hasil yang diperoleh ini maka secara nyata dapat dikatakan penerapan pendekatan pemecahan masalah berhasil untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103283

Actions (login required)

View Item View Item