Penggunaan media peta untuk meningkatkan hasil belajar sumber daya alam dan kegiatan ekonomi siswa kelas IV SDN Kandung Winongan Pasuruan / Ninik Purwantini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media peta untuk meningkatkan hasil belajar sumber daya alam dan kegiatan ekonomi siswa kelas IV SDN Kandung Winongan Pasuruan / Ninik Purwantini

Purwantini, Ninik (2010) Penggunaan media peta untuk meningkatkan hasil belajar sumber daya alam dan kegiatan ekonomi siswa kelas IV SDN Kandung Winongan Pasuruan / Ninik Purwantini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwantini Ninik 2010. Penggunaan Media Peta Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi Siswa Kelas IV SDN Kandung Winongan Pasuruan. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah. Program Studi S1 PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumanto M.Pd. (II) Dra. Sri Sugiharti M.Pd. Kata Kunci Media Peta Hasil Belajar Sumber Daya Alam IPS SD. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang seperangkat peristiwa fakta konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Untuk meningkatkan pemahaman terhadap fakta maupun konsep dalam pembelajaran IPS perlu adanya penggunaan media yang sesuai salah satunya adalah peta. Dengan penggunaan media pembelajaran yang sesuai diharapkan hasil belajar siswa menjadi meningkat dan lebih baik. Hasil observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pembelajaran IPS di SDN Kandung adalah 56 88. Rendahnya nilai siswa disebabkan oleh guru jarang menggunakan media pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan media peta pada materi sumber daya alam dan kegiatan ekonomi propinsi Jawa Timur di kelas IV SDN Kandung Winongan Pasuruan (2) mendiskripsikan aktivitas siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media peta kelas IV SDN Kandung Winongan Pasuruan (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan digunakannya media peta di kelas IV SDN Kandung Winongan Pasuruan. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada penelitian ini penekannya adalah penggunaan media peta untuk meningkatkan hasil belajar. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Kandung Winongan Pasuruan sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan hasil tes. Analisis data dilakukan dengan diskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus terdapat empat komponen yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan media peta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kandung Winongan Pasuruan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil tes mulai pra tindakan (56 88) meningkat pada siklus I (64 84) dan meningkat lagi pada siklus II (76 25). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka peneliti menyimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media peta pada materi sumber daya alam dan kegiatan ekonomi di kelas IV SDN Kandung Winongan Pasuruan aktivitas siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media peta kelas IV SDN Kandung Winongan Pasuruan peningkatan hasil belajar dengan digunakannya media peta di kelas IV SDN Kandung Winongan Pasuruan dalam pembelajaran IPS. Untuk itu peneliti menyarankan kepada guru untuk menggunakan media pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103282

Actions (login required)

View Item View Item