Peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN Andonosari II Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan melalui model karya wisata / Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN Andonosari II Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan melalui model karya wisata / Widodo

Widodo (2010) Peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN Andonosari II Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan melalui model karya wisata / Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widodo 2010. Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN Andonosari II Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan Melalui Model Karya wisata.Skripsi Jurusan KSDP Program S1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti M. Pd (2) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M. Pd. Kata Kunci IPA SD Model Karya wisata. Tujuan Pembelajaran IPA pada jenjang pendidikan dasar antara lain mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun pembelajaran IPA yang dilakukan di SD Andonosari II selama ini masih menjadikan siswa sebagai sobyek belajar belum mampu memahami konsep yang dipelajari secara utuh dan benar. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai yang dicapai 49 29 dengan 4 siswa (28 57%) mencapai ketuntasan dan 10 siswa (71 43%) belum mencapai ketuntasan. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan model pembelajaran karya wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Penerapan pembelajaran model karya wisata IPA siswa kelas VI SDN Andonosari II. (2) Mendeskripsikan aktivitas siswa setelah dibelajarkan dengan pembelajaran model karya wisata. (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN Andonosari II melalui pembelajaran model karya wisata. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Observasi (4) Refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Andonosari II yang berjumlah 14 siswa yang terdiri dari 8 laki-laki dan 6 perempuan. Instrument penelitian ini adalah Lembar pengamatan guru Lembar pengamatan siswa Pengertian fungsi dan contoh ciri-ciri khusus tumbuhan dan Lembar tes tulis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran model karya wisata dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Andonosari II. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil tes tulis pada setiap siklus. Hasil tes tulis pada siklus I mencapai 64 29 dan meningkat menjadi 76 79 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model karya wisata dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (1) Saran kepada guru hendaknya menggunakan model karya wisata karena dapat memberikan kebebasan dalam belajar untuk menemukan konsep-konsep IPA. (2) Saran Kepada siswa hendaknya meningkatkan pemahaman konsep-konsep IPA dengan cara mencari informasi dan melakukan pengamatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103281

Actions (login required)

View Item View Item