The efectiveness of using semantic mapping strategy in teaching reading comprehension of narrative text for eighth graders of SMP 1 Trenggalek / Rani Rahagia - Repositori Universitas Negeri Malang

The efectiveness of using semantic mapping strategy in teaching reading comprehension of narrative text for eighth graders of SMP 1 Trenggalek / Rani Rahagia

Rahagia, Rani (2017) The efectiveness of using semantic mapping strategy in teaching reading comprehension of narrative text for eighth graders of SMP 1 Trenggalek / Rani Rahagia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahagia Rani. 2016. Efektivitas Penggunaan Strategi Pemetaan Semantik dalam Pemahaman Membaca dari Teks Narasi (Sebuah kasus untuk siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Trenggalek di Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Pertama Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. Pembimbing Kedua Dr. Arwijati Murdibjono M.Pd. Kata Kunci strategi pemetaan semantik membaca teks narasi penelitian eksperimental Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan strategi pemetaan semantik dalam pengajaran pemahaman membaca teks narasi dan perbedaan signifikan pada pemahaman membaca teks narasi dalamsatukelas sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Trenggalek pada tahun ajaran 2015/2016. Jumlah keseluruhan siswa adalah 60 siswa. Data diperoleh dengan memberikan tes membaca di kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas percobaan. Penelitian ini dimulai dengan memberikan pre-test treatment dan post-test untuk kelompok eksperimen. Dalam penelitian ini ada tiga kegiatan utama pre-test treatment dan post-test. Kegiatan tersebut dilakukan dalam empat pertemuan karena waktu yang terbatas yang diberikan oleh guru dan materi yang sudah pernah dijelaskan sebelumnya oleh guru maka penulis memberi pre-test meninjau secara singkat materi menjelaskan strategi dan memberi post-test. Pre-test diadakan pada pertemuan pertama. Treatment dilakukan dalam pertemuan kedua dan ketiga. Yang terakhir adalah Post-test yang diadakan untuk mengukur memahami siswa membaca narasi teks setelah mendapatkan treatment. Data dari tes dianalisa dengan menggunakan hitungan statistik untuk mengetahui perbedaan pemahaman siswa dalam membaca narasi teks untuk kelas eksperimen. Dalam pre-test skor rata-rata kelas eksperimen adalah 51 26 dan rata-rata skor post-test dari kelas eksperimen adalah 76. 06. Jadi persentase peningkatan siswa dari kelompok ini adalah 32 60%. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan antara skor pre-test dan post-test dicapai oleh siswa dari kelas eksperimen. Secara umum hampir semua siswa membuat peningkatan dalam prestasi membaca mereka dari teks narasi setelah treatment. Hal ini dibuktikan bahwa prestasi siswa untuk post-test lebih tinggi dari pre-test. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terbukti bahwa penggunaan strategi pemetaan semantik efektif sebagai strategi untuk meningkatkan membaca teks narasi kepada siswa kelas delapan dari SMPN 1 Trenggalek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10328

Actions (login required)

View Item View Item