Penerapan pembelajaran inquiry untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Tutur 1 Pasuruan / Ponidi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran inquiry untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Tutur 1 Pasuruan / Ponidi

Ponidi (2010) Penerapan pembelajaran inquiry untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Tutur 1 Pasuruan / Ponidi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ponidi 2010. Penerapan Pembelajaran Inquiry Untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Tutur I Pasuruan. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Pra Sekolah Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs Tomas Iriyanto M.Pd (II) Drs. H. Sutrisno S.Pd M.Pd Kata Kunci Penerapan pembelajaran inquiry. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah pemilihan pendekatan dan model pembelajaran yang tepat. Hasil belajar siswa merupakan salah satu alat yang dipakai untuk mengetahui keberhasilan suatu pembelajaran. Hasil belajar siswa yang dinilai belum mencapai SKM yang ditetapkan yaitu 70 melatari diadakanya penelitian ini. Berdasarkan uraian di atas maka diperlukan suatu model pembelajaran yang tidak hanya dapat mengatasi kepasifan siswa tetapi juga dapat menumbuh kembangkan stuktur kognitif afektif dan psikomotor siswa secara optimal. Pendekatan dan model pembelajaran yang dirasa cukup sesuai adalah dengan menerapkan model pembelajaran inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar IPA serta peningkatan keaktifan belajar siswa kelas V SDN Tutur I Pasuruan setelah diterapkan pembelajaran Inquiry. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Upaya perbaikan yang dilakukan dengan melaksanakan tindakan yang berupa penerapan pembelajaran inquiry yang dimaksudkan untuk mencari jawaban atas permasalahan yang diangkat dari kegiatan tugas guru sehari-hari dimana dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA yang dinilai rendah. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan secara bersiklus dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Kemudian hasil refleksi tersebut dijadikan dasar untuk perbaikan proses pembelajaran pada siklus berikutnya. Penelitian ini dirancang dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan pertemuan pertama membahas materi Tuas pertemuan kedua materi yang dibahas adalah Bidang Miring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran model Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari data yang diperoleh bahwa nilai rata-rata pre tes pada siklus I sebesar 63 4 meningkat menjadi 73 8 pada post tes pada siklus II dalam pelaksanaan post tes meningkat menjadi 78 8. Sedangkan peningkatan aspek Psikomotorik pada percobaan untuk materi Tuas pada siklus I persentase ketercapaian rata-rata 66 2 pada siklus I meningkat menjadi 76 5 pada siklus II untuk materi bidang miring persentase ketercapaian rata-rata 74 1 pada siklus I meningkat menjadi 79 6 pada siklus II. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan untuk menggunakan pembelajaran Inquiry sebagai alternatif model pembelajaran dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa kelas V untuk mata pelajaran IPA serta dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan model pembelajaran yang sama pada materi yang berbeda dan mengamati aspek yang berbeda pula.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103279

Actions (login required)

View Item View Item