Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas VI SDN Kauman Bangil Kabupaten Pasuruan / Rida Ludia - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas VI SDN Kauman Bangil Kabupaten Pasuruan / Rida Ludia

Ludia, Rida (2010) Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas VI SDN Kauman Bangil Kabupaten Pasuruan / Rida Ludia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran IPA di kelas VI SDN Kauman Bangil Kabupaten Pasuruan masih menggunakan metode konvensional dimana guru lebih banyak ceramah di depan kelas dan siswa hanya mendengarkan. Sehingga siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu perlu diadakan pembaharuan dalam hal model pembelajaran. Model pembelajaran yang sesuai adalah model pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPA di kelas VI SDN Kauman Bangil (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN Kauman Bangil melalui penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual (3) mendeskripsikan aktivitas siswa pada saat pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kontekstual (4) mendeskripsikan tanggapan siswa SDN Kauman Bangil terhadap penerapan pendekatan kontekstual. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan secara bersiklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Empat tahap tersebut merupakan langkah berurutan dalam satu siklus dan berhubungan dengan siklus berikutnya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Kauman Bangil Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 24 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPA dengan materi pokok konduktor dan isolator panas dapat dilakukan melalui tujuh langkah pembelajaran konstruktivisme bertanya masyarakat belajar menemukan pemodelan refleksi dan penilaian yang sebenarnya. Pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN Kauman Bangil Kabupaten Pasuruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 64 9 dan meningkat menjadi 86 1 pada siklus II.penerapan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPA dengan materi pokok konduktor dan isolator panas dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan diketahui bahwa siswa yang aktif dalam pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 51 1% dari siklus I ke siklus II (siklus I 28% siklus II 79 1%). Siswa yang cukup aktif dalam pembelajaran mengalami penurunan sebesar 31 5% dari siklus I ke siklus II (siklus I 48 8% siklus II 17 3%). Siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran mengalami penurunan sebesar 19 6% dari siklus I ke siklus II (siklus I 23 2% siklus II 3 6%). Siswa sangat senang dengan pembelajaran kontekstual yang dilakukan pada saat pembelajaran di kelas. Karena dengan menggunakan pendekatan kontekstual siswa lebih mudah dala m memahami materi yang diajarkan bahkan dapat terlibat secara langsung dalam pembelajaran serta siswa dapat memperoleh pengetahuan berdasarkan apa yang ditemukannya sendiri bukan dari informasi yang diberikan orang lain. Sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti dalam upaya peningkatan mutu di SD adalah hendaknya guru dapat menerapkan pembelajaran di sekolah dengan menggunakan pendekatan kontekstual Kepala Sekolah hendaknya dapat mensosialisasikan hasil penelitian ini kepada guru-guru di sekolahnya dan pada pembelajaran IPA hendaknya menggunakan media pembelajaran sehingga siswa dapat terlibat secara langsung dalam pembelajaran dan ilmu yang didapat dapat bertahan lama di benak mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103278

Actions (login required)

View Item View Item