Peningkatan hasil belajar siswa pada materi energi dan gerak benda dengan menggunakan pendekatan savi di kelas 3 SDN Kebonsari I kota Malang / Trio Nur Fitriani Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar siswa pada materi energi dan gerak benda dengan menggunakan pendekatan savi di kelas 3 SDN Kebonsari I kota Malang / Trio Nur Fitriani Hidayah

Hidayah, Trio Nur Fitriani (2010) Peningkatan hasil belajar siswa pada materi energi dan gerak benda dengan menggunakan pendekatan savi di kelas 3 SDN Kebonsari I kota Malang / Trio Nur Fitriani Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayah Trio Nur Fitriani. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Energi dan Gerak Benda dengan Menggunakan Pendekatan SAVI di Kelas 3 SDN Kebonsari I Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Dra. Hj. Sukamti M.Pd (II) Muchtar S.Pd. M.Si Kata kunci Belajar IPA Hasil Belajar SAVI IPA salah satu kegiatannya adalah untuk mengajari siswa cara mencari tahu tentang alam secara sistematis sehingga siswa tidak hanya menguasai kumpulan ilmu pengetahuan yang berupa fakta konsep atau prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. IPA diharapkan dapat menjadi tempat bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri dan lingkungan alam sekitar serta pengembangan lebih lanjut dan menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan SAVI untuk kelas 3 di SDN Kebonsari I (2) Mendeskripsikan aktivitas siswa kelas 3 dengan pendekatan SAVI SDN Kebonsari I (3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas 3 dengan pendekatan SAVI di SDN Kebonsari I. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model kolaboratif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDN Kebonsari I Malang. Dalam penelitian ini peneliti dibantu dengan teman sejawat yang merupakan wali kelas 3. Penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas 3 SDN Kebonsari I Malang dengan menggunakan Pendekatan SAVI. Nilai rata-rata pada siklus 1 pertemuan 1 adalah 69 00 dan pertemuan 2 adalah 75 12. Nilai rata-rata siklus 2 pertemuan 1 adalah 87 46 pertemuan 2 80 18 dan pertemuan 3 adalah 87 46. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan di tiap aktivitas siswa baik level individu maupun level klasikal dan siswa terlihat lebih antusias selama pembelajaran. Pembelajaran dengan pendekatan SAVI merupakan suatu pembelajaran yang menggunakan semua indera yang dimiliki atau biasa disebut pembelajaran multi indrawi. Unsur-unsur yang mudah diingat dalam SAVI yaitu 1) Somatis Belajar dengan bergerak dan berbuat 2)Auditori Belajar dengan berbicara dan mendengar 3) Visual Belajar dengan cara mengamati dan menggambarkan 4) Intelektual Belajar dengan memecahkan masalah dan merenung. Kesimpulan yang dapat diambil adalah dengan menerapkan pendekatan SAVI dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian ini disarankan bahwa guru dalam pembelajaran IPA hendaknya menggunakan salah satu alternatif pendekatan belajar untuk meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa di kelas dengan menyesuaikan dengan pokok bahasan. Memasukkan unsur permainan dan membuat stategi pembelajaran yang mengkondisikan siswa terlibat aktif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103277

Actions (login required)

View Item View Item