Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa melalui song and games di kelas 5 SDN Baturetno 1 Dampit Malang / Dadang Riski Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa melalui song and games di kelas 5 SDN Baturetno 1 Dampit Malang / Dadang Riski Wibowo

Wibowo, Dadang Riski (2010) Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa melalui song and games di kelas 5 SDN Baturetno 1 Dampit Malang / Dadang Riski Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dadang Riski Wibowo. 2010. Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa melalui Songs and Games di SDN Baturetno 1 Dampit Malang. Skripsi Program Studi S1 PGSD Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ratna Trieka Agustina M.Pd (II) Drs. Harry Poerwanto M.Pd. Kata Kunci Keterampilan Berbicara Songs games SD Siswa sekolah dasar merupakan anak-anak yang senang bernyanyi. Mereka juga gemar bermain yang ditunjukkan dengan beragam aktivitas bermain yang dilakukan siswa saat jam istirahat Alangkah bijak guru jika memasukkan bernyanyi dan bermain dalam pelajaran bahasa Inggris sehingga siswa tidak takut lagi pelajaran bahasa Inggris khususnya keterampilan berbicara. Cakupan aspek dan kompetensi bahasa Inggris yang dapat diajarkan melalui songs and games sangat luas. Graham (dalam Orlova 2003) menyatakan bahwa bernyanyi dapat mengajarkan aspek-aspek bahasa antara lain 1) Rhythm stress dan intonation 2) kosakata 3) tata bahasa 4) berbicara 5) menyimak dan 6) menulis. Agoestyowati (2007) menyatakan bahwa permainan membantu dan memotivasi siswa dan partisipan dalam mempertahankan ketertarikannya mempelajari bahasa Inggris. Permainan juga memungkinkan siswa untuk bekerjasama saling berkompetisi menentukan strategi berpikir dengan berbagai saling berbagi pengetahuan belajar dari orang lain belajar dari kesalahan bekerja dalam lingkungan yang produktif dan tanpa tekanan serta belajar secara menyenangkan. Dengan pembelajaran bahasa Inggris melalui Joyful learning through songs and games keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa khususnya aspek berbicara yang masih rendah dapat meningkat. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti merasa perlu mengadakan perbaikan pembelajaran bahasa Inggris melalui songs and games. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimanakah aktivitas songs and games dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa SDN Baturetno 1 dan (2) apakah aktivitas songs and games dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa SDN Baturetno 1 Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Baturetno 1 Kecamatan Dampit Kabupaten Malang dengan jumlah siswa 18 (9 laki- laki dan 9 perempuan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran melalui games and songs dapat membuat siswa lebih aktif dan terampil berbicara dalam pembelajaran. 2) melalui songs and games dapat meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 5 siswa yang belum memenuhi Standar Kelulusan Minimal (SKM) dengan rata- rata nilai sebesar 59 dan prosentase ketuntasan sebesar 55%. Untuk siklus II rata- rata nilai siswa sebesar 85 dan prosentase ketuntasan sebesar 100%. Kendala yang ditemukan pada penelitian ini adalah pembelajaran yang dilaksanakan berbeda dengan biasanya sehingga pengorganisasian siswa dalam pembelajaran agak sulit. Guru harus sering memberi pengarahan kepada siswa mengenai kegiatan- kegiatan pembelajaran yang harus dilaksanakan siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kapada guru kelas 5 agar menggunakan Joyful Learning dalam pembelajaran bahasa Inggris. Salah satunya adalah pembelajaran melalui songs and games sehingga dalam pembelajaran bahasa Inggris siswa lebih aktif berbicara dan hasil belajar siswapun meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103276

Actions (login required)

View Item View Item