Peningkatan hasil belajar pecahan sederhana pada pembelajaran kooperatif tipe stad (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Ngaringan 03 / Rahayu Sulistiyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar pecahan sederhana pada pembelajaran kooperatif tipe stad (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Ngaringan 03 / Rahayu Sulistiyani

Sulistiyani, Rahayu (2010) Peningkatan hasil belajar pecahan sederhana pada pembelajaran kooperatif tipe stad (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Ngaringan 03 / Rahayu Sulistiyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulistyani Rahayu. 2010. Penerapan Konsep Pecahan Sederhana Pada Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Ngaringan 03. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing (1) Dr. M. Zaenuddin M.Pd (2) Drs. Sunyoto S.Pd. M.Si. Kata kunci pembelajaran kooperatif tipe STAD pecahan sederhana. Berdasarkan pada kenyataan yang terjadi di lapangan pada saat observasi sebelum memulai penelitian diketahui bahwa pembelajaran di kelas III SDN Ngaringan 03 ini masih bersifat tradisional. Dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas kepada siswa saja. Berdasarkan hasil observasi tersebut peneliti ingin penelitian untuk mengadakan perubahan dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika di kelas III SDN Ngaringan 03 Gandusari melalui materi pecahan sederhana. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan judul Penerapan Konsep Pecahan Sederhana Pada Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas III SDN Ngaringan 03 Gandusari. Dengan penerapan pembelajaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi pecahan sederhana. Pada saat proses pembelajaran siswa akan belajar dalam sebuah tim kerja atau kelompok yang diharapkan dapat menumbuhkan sikap kerjasama antar siswa. Pembelajaran ini dapat berlangsung jika siswa bisa bekerja sama dengan baik serta berusaha memberikan penjelasan terhadap kelompok yang belum memahami materi. Siswa harus berusaha meminta penjelasan atau bertanya pada anggota kelompok yang lain bila ada materi yang belum dipahami. Pembelajaran dapat dikatakan berhasil bila ketuntasan belajar siswa bisa mencapai batas ketuntasan yang telah ditentukan. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan aktivitas siswa serta ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus. Peningkatan rata-rata nilai siswa pada siklus I mencapai 51 06 sedangkan pada siklus II mencapai 77 12 yang menunjukkan peningkatan sebesar 26 06. Sedangkan ketuntasan belajar pada siklus I hanya 11 siswa yang tuntas belajarnya dan 14 siswa belum tuntas belajarnya dengan persentase ketuntasan mencapai 44% selanjutnya pada siklus II sebanyak 23 siswa tuntas belajarnya dan hanya 2 siswa yang tidak tuntas dengan persentase ketuntasan mencapai 92%. Sesuai dengan hasil penelitian tersebut pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) ini perlu diterapkan oleh guru sekolah dasar guna meningkatkan motivasi belajar siswa serta meningkatkan hasil belajar pada siswi-siswinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103275

Actions (login required)

View Item View Item