Peningkatan hasil belajar penjumlahan mata pelajaran matematika melalui pendekatan realistic mathematic education pada siswa kelas II SDN Jingglong 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar / Dewi Nursani Umalin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar penjumlahan mata pelajaran matematika melalui pendekatan realistic mathematic education pada siswa kelas II SDN Jingglong 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar / Dewi Nursani Umalin

Umalin, Dewi Nursani (2010) Peningkatan hasil belajar penjumlahan mata pelajaran matematika melalui pendekatan realistic mathematic education pada siswa kelas II SDN Jingglong 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar / Dewi Nursani Umalin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nursani Dewi. 2010. Peningkatan Hasil Belajar penjumlahan melalui pendekatan Realistic mathematic Education pada Siswa kelas II SDN Jingglong 03Kec. Sutojayan Kab. Blitar. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Program Studi Sarjana Kependidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sunyoto S.Pd M.Si (II) Dr. H. M. Zaenuddin M.Pd Kata Kunci Pendekatan Realistic Mathematic Education hasil belajar penjumlahan Proses pembelajaran matematika di SDN Jingglong 03 yang selama ini digunakan oleh guru adalah dengan menggunakan cara konvensional guru secara aktif memberikan informasi kepada siswa sedangkan partisipasi siswa selama proses pembelajaran tidak Nampak. Kegiatan yang dilakukan oleh siswa hanya duduk dengar dan mencatat tugas. Penyampaian informasi yang diberikan kepada siswa secara abstrak. Hal ini menyebabkan rendahnya pemahaman siswa untuk menguasai konsep penjumlahan. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui gambaran tentang peningkatan prestasi belajar pada siswa kelas II SDN Jingglong 03 melalui pendekatan Realistic Mathematic Education (2) Mengetahui gambaran tentang hasil prestasi belajar siswa kelas II SDN Jingglong 03 pada peningkatan prestasi belajar melalui pendekatan Realistic Mathematic Education melalui soal-soal terkait dengan konsep penjumlahan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu Realistic Mathematic Education dengan jenis penelitian tindakan kelas . Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Jingglong 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar dengan jumlah 10 siswa. Instrument penelitian yang digunakan untuk mendukung data penelitian ini meliputi (1) angket (2) wawancara (3) dokumentasi (4) observasi. Penerapan pendekatan RME dengan materi penjumlahan digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan penilaian proses selama kegiatan pembelajaran berlangsung dan peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari pratindakan ke Siklus I naik 20% hasil dari Siklus II naik 20%. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah dalam penerapan pendekatan RME hendakny guru selalu menggali pengetahuan lama yang dimiliki siswa dan menggunakan media benda-benda nyata atau konkrit agar siswa lebih termotivasi untuk mengkonstruksi pengetahuan baru baik secara individu maupun kelompok agar dapat mengembangkan kreativitas dalam berfikir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103272

Actions (login required)

View Item View Item