Pemanfaatan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas I SDN Sidogiri I Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Nur Anita

Anita, Nur (2010) Pemanfaatan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas I SDN Sidogiri I Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Nur Anita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anita Nur. 2010. Pemanfaatan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas I SD Negeri Sidogiri I Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Program Studi S1 PGSD. Fakultas Ilmu Pendidikan Univesitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs.Sumanto, M. Pd (2) Drs. Heru Agus Tri Widjaja, M.Pd. Kata Kunci : Pemanfaatan media gambar, hasil belajar, IPA, SD. Dalam proses pembelajaran IPA di SD masih menggunakan cara tradisional dimana kegiatan masih berpusat pada guru, monoton dan menjenuhkan, akibatnya perolehan belajar siswa pada mata pelajaran IPA mengenal keadaan cuaca di sekitar kita masih sangat rendah. Guru masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan tanpa menggunakan media, sehingga kemampuan siswa dan kreativitas siswa belum tergali. Oleh karena itu perlu adanya pembaharuan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah khususnya SD. Salah satunya dengan penggunaan media gambar yang merupakan alat bantu dalam pembelajaran IPA mengenal keadaan cuaca di sekitar kita. Dengan adanya media gambar diharapkan siswa aktif baik fisik maupun mental. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan pembelajaran IPA dilihat dari keaktifan siswa saat penerapan l pembelajaran IPA mengenal keadaan cuaca kita dengan memanfaatkan media gambar, dan (2) peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas I di SD Negeri Sidogiri I Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan, (3) Mendiskripsikan keaktifan siswa pada saat pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK. Subyek penelitian ini siswa kelas I SDN Sidogiri I Kecamatan Kraton sejumlah 39 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari 3 komponen kegiatan yang dilakukan secara berurutan yaitu kegiatan reduksi, sajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa konsep mengenal keadaan cuaca di sekitar kita pada siswa kelas I. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa, pada pra tindakan (42,05), siklus I (60,12), dan siklus II (70,92). Dengan hasil penelitian tersebut, maka disarankan kepada guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa konsep mengenal keadaan cuaca di sekitar kita di kelas I sebaiknya menggunakan alat bantu berupa media gambar agar siswa lebih aktif, kreatif dan tidak bosan dalam proses pembelajaran. Untuk kepala sekolah supaya menyediakan sarana dan media pembelajaran khusunya di kelas-kelas agar proses belajar mengajar lebih bermakna bagi siswa. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya hendaknya bisa menyempurnakan/mengembangkan agar didapatkan hasil yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103271

Actions (login required)

View Item View Item