Developing Cindelaras Animation Video for seventh graders' speaking material of SMP Taman Siswa Malang / Rahmi Utami Imas Dwi Puspita - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing Cindelaras Animation Video for seventh graders' speaking material of SMP Taman Siswa Malang / Rahmi Utami Imas Dwi Puspita

Puspita, Rahmi Utami Imas Dwi (2017) Developing Cindelaras Animation Video for seventh graders' speaking material of SMP Taman Siswa Malang / Rahmi Utami Imas Dwi Puspita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspita Rahmi Utami Imas Dwi. 2016. PengembanganVideo Animasi Cindelaras Untuk Pelajaran Berbicara Siswa Kelas Tujuh di SMP Taman Siswa Malang. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Emalia Iragiliati M.Pd. (II) Nunung Suryati M.Ed Ph.D. Kata kunci Video animasi Cindelaras kemampuan berbicara bercerita ekstrakurikuler kelas VII Penelitian ini mengembangkan video animasi untuk membantu siswa memahami materi lebih baik dan mengembangkan kepercayaan diri siswa untuk berbicara dengan bercerita. Cindelaras dipilih karena hasil survei lapangan menunjukkan kebanyakan siswa di English Conversation Club di SMP Taman Siswa tidak pernah mendengar cerita tersebut. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan dari Borg Gall (1983). Langkah langkahnya adalah (1) analisis kebutuhan (2) penyusunan ide media (3) membuat media (4) melakukan validasi kepada ahli (5) perbaikan produk (6) uji coba produk dan (7) revisi produk akhir. Instrumen data yang digunakan adalah lembar observasi kelas panduan wawancara guru angket validasi ahli kuisioner untuk analisa kebutuhan dan kuisioneruntuk hasil setelah produk di uji coba. Kuisioner dianalisa secara kuantitatif dengan menggunakan prosentase.Lembar observasi kelas dan wawancara guru dideskripsikan dengan cara kualitatif. Penelitian dilakukan di salah satu ekstrakurikuler di SMP Taman Siswa Malang bernamaEnglish Conversation Club. English Conversation Clubmemiliki satu kelas untuk siswa kelas tujuh yang berisikan 21 murid. Peneliti menggunakan lembar observasi kelas panduan wawancara guru dan kuisioner untuk mengetahui masalah didalam kelas. Setelah tahap analisa kebutuhan peneliti memilih keterampilan strategi dan cerita yang akan digunakan pada tahap penyusunan. Pada tahap pengembangan produk peneliti memilih jenis produk yang akan dikembangkan membuat naskah cerita menggambar jalan cerita dan membuat video animasi. Setelah produk selesai dibuat produk divalidasi dan direvisi berdasarkan saran dari ahli media. Berdasarkan hasil validasi ahli tingkat validitas produk adalah 94% yang berarti produk bisa digunakan tanpa perlu direvisi. Pada tahap uji coba peneliti memutar video animasi kemudian siswa bercerita di depan kelas dan peneliti memberi kuisioner kepada siswa. Tahap terakhir adalah merevisi produk sesuai dengan hasil kuisioner siswa. Guru diharapkanmenggunakan video animasiCindelaras untukmengajarkan materi berbicara di English Conversation Club SMP TamanSiswaMalang. Sekolah juga diharapkandapatmenyediakan video animasiCindelarassebagaibahan ajar yang siapdigunakanoleh guru dansiswaapabiladiperlukan.Parapenelitiselanjutnya juga diharapkanuntuk mengembangkan lebih banyak produk untuk kemampuan Bahasa Inggris yang lain sepertilistening writing danreading.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10327

Actions (login required)

View Item View Item