Peningkatan hasil belajar perkalian bilangan cacah melalui pembelajaran CTL kelas II SDN Satriyan 02 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar / Suci Puji Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar perkalian bilangan cacah melalui pembelajaran CTL kelas II SDN Satriyan 02 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar / Suci Puji Astuti

Astuti, Suci Puji (2010) Peningkatan hasil belajar perkalian bilangan cacah melalui pembelajaran CTL kelas II SDN Satriyan 02 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar / Suci Puji Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puji Astuti Suci. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Perkalian Bilangan Cacah Melalui Pembelajaran CTL Kelas II SDN Sariyan 02 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Skripsi. Program Studi S-1 Pendidikann Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Dr. H.M. Zainudin M.Pd (2) Dra. Lilik Bintartik M.Pd. Kata kunci Hasil Belajar Perkalian Pembelajaran CTL Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang perlu diberikan pada siswa dengan tujuan untuk memberi bekal siswa dalam berfikir logis kreatif dan logis sehingga mampu memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan matematika. Pemahaman konsep matematika dengan benar sangat diperlukan agar tidak terjadi kekeliruan konsep. Perkalian bilangan cacah merupakan salah satu materi dalam matematika yang sulit untuk dipahami oleh siswa. Perkalian bilangan cacah adalah penjumlahan bilangan yang sama secara berulang. Dalam menyelesaikan soal tentang perkalian bilangan cacah dalam bentuk penjumlahan berulang siswa kelas II SDN Satriyan 02 masih mengalami kesulitan. Sehingga sebagian besar siswa tidak dapat mencapai ketuntasan minimal yang telah ditentukan. Penelitian dirancang dengan menggunakan penelitian kualitatif yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan penelitian dilakukan sesuai dengan tahapan yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggrat. Subyek penelitian 22 orang siswa. Data yang diambil adalah data hasil belajar siswa melalui pembelajaran CTL data proses pembelajaran melalui CTL data hasil wawancara setelah kegiatan pembelajaran dan dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi wawancara tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif yang disajikan dalam bentuk kata-kata dengan menggunakan persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Untuk hasil belajar ketuntasan individu harus memenuhi standar ketuntasan belajar minimal yaitu 65. Proses belajar mengajar dianggap berhasil dan tuntas jika 70% siswa tuntas belajar. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut keterlaksanaan pembelajaran CTL mengalami peningkatan dari siklus I 61% menjadi 74.03% dengan katagori cukup dengan demikian dapat dikatakan keterlaksanaan pembelajaran CTL sudah terlaksana dengan cukup. Sedangkan hasil belajar siswa berupa pemahaman konsep secara klasikal juga mengalami peningkatan dari siklus I 71.22% menjadi 82.32% dengan katagori baik pada siklus II. Dari penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar perkalian bilangan cacah siswa kelas II dapat meningkat melalui pembelajaran CTL. Dengan demikian disarankan kepada guru di kelas II dalam mendampingi siswa belajar matematika menggunakan benda konkrit agar hasil belajar opimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103268

Actions (login required)

View Item View Item