Peningkatan kemampuan berbicara melalui pendekatan cooperative learning pada siswa kelas VI SDN Lebaksari Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan / Khoirul Huda - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan berbicara melalui pendekatan cooperative learning pada siswa kelas VI SDN Lebaksari Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan / Khoirul Huda

Huda, Khoirul (2010) Peningkatan kemampuan berbicara melalui pendekatan cooperative learning pada siswa kelas VI SDN Lebaksari Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan / Khoirul Huda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Huda Khoirul 2010. Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Pendekatan Cooperative Learning pada Siswa Kelas VI SDN Lebaksari Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah dasar dan Prasekolah Program Sarjana. Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. H. Rumidjan M.Pd (2) Drs. A. Badawi M.Pd. Kata kunci Pendekatan Cooperative Learning Peningkatan Kemampuan Berbicara Pembelajaran Cooperative Learning memusatkan aktifitas di kelas pada siswa dengan cara mengelompokkan siswa untuk bekerja dalam proses pembelajaran. Dari penelitian pendahulu juga menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif memiliki dampak yang sangat positif terhadap siswa yang lebih rendah hasil belajarnya. Dalam penelitian diadakan pembelajaran selama tiga kali yang pertama siswa bekerja secara individu yang kedua dan ketiga secara kelompok. Dalam kelas pertama hanya 36 % siswa yang mendapat nilai C dan di kelas yang bekerja secara kooperatif ada 58 % dan 65 % siswa yang dapat nilai C (Nur 1996 2). Rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah Pendekatan Cooperative Learning dapat meningkatkan kemampuan berbicara Siswa Kelas VI SDN Lebaksari Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). yang dikembangkan oleh Kemmis dam Mc Tanggart.meliputi empat jalur (langkah) yaitu 1) Planning perencanaan 2) acting observing tindakan dan pengamatan 3) reflecting perefleksian dan 4) revise plan perbaikan rencana. Dalam penelitian ini yang akan menjadi subyek penelitian adalah siswa-siswi Kelas VI SDN Lebaksari Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data akan dilakukan dengan teknik observasi wawancara tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Cooperative Learning dapat meningkatkan kemampuan berbicara Siswa Kelas VI SDN Lebaksari Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan. Hal tersebut terbukti pada siklus I hasil nilai rata-rata 69 ketuntasan individual 58 % ada 13 anak yang belum tuntas karena masih di bawah SKM (Standar Ketuntasan Minimal). Berdasarkan lembar observasi kegiatan guru memperoleh skor 75 % dengan kategori baik namun masih ada yang perlu dibenahi yaitu kegiatan awal presensi kegiatan inti penggunaan media pembelajaran kegiatan penutup menyimpulkan mateti pembelajaran. Pada siklus II hasil nilai rata-rata 89 19 ketuntasan individual 100 % tidak ada anak yang belum tuntas karena semua di atas SKM (Standar Ketuntasan Minimal). Berdasarkan lembar observasi kegiatan guru memperoleh skor 95 8 % dengan kategori sangat baik namun masih ada yang perlu dibenahi yaitu pada kegiatan awal tidak melakukan presensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103267

Actions (login required)

View Item View Item