Peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan model diskusi dilemma moral di kelas IV SDN Plinggisan I Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Kumalasari Anakoda - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan model diskusi dilemma moral di kelas IV SDN Plinggisan I Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Kumalasari Anakoda

Anakoda, Kumalasari (2010) Peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan model diskusi dilemma moral di kelas IV SDN Plinggisan I Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Kumalasari Anakoda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anakoda Kumalasari. 2010. Peningkatan Hasil Belajar PKn dengan Menggunakan Model Diskusi Dilemma Moral di Kelas IV SDN Plinggisan I Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sutarno M.Pd. (II) Drs. H. Sutrisno M.Pd. Kata Kunci Model diskusi dilemma moral aktivitas belajar hasil belajar PKn Berdasarkan observasi di kelas IV SDN Plinggisan Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran PKn salah satunya adalah kesulitan siswa dalam menentukan satu pilihan ketika menghadapi sebuah dilemma dan rendahnya hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk 1.) Mendeskripsikan pelaksanaan model Diskusi Dilemma Moral guna meningkatkan hasil belajar PKn di kelas IV SDN Plinggisan I Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan 2.) Mendeskripsikan bahwa penerapan model Diskusi Dilemma Moral dapat meningkatkan aktivitas belajar PKn di IV SDN Plinggisan I Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan 3.) Mendeskripsikan dampak penerapan model Diskusi Dilemma Moral dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas IV SDN Plingisan I Kecamatan Krtaon Kabupaten Pasuruan Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat tahap (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan dan observasi (3) refleksi dan (4) revisi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Plinggisan I Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan yang terdiri dari 34 siswa. Istrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP perangkat soal lembar pengamatan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Diskusi Dilemma Moral pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Plinggisan I Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Namun demikian nampaknya masih diperlukan upaya-upaya lebih lanjut dalam meningkatkan hasil belajar di sekolah tersebut. Hal ini dikarenakan dalam penerapan model Diskusi Dilemma Moral membutuhkan waktu yang tidak sedikit agar siswa dapat belajar dan berfikir kritis dalam menentukan sebuah pilihan ketika mengahadapi suatu dilema. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar pengguna model Diskusi Dilemma Moral pada mata pelajaran PKn perlu ditindak lanjuti oleh guru SDN Plinggisan I Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan karena model Diskusi Dilemma Moral mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103266

Actions (login required)

View Item View Item