Peningkatan hasil belajar penjumlahan bilangan bulat melalui model pembelajaran kooperatif NHT pada siswa kelas IV SDN 01 Kalibatur Tulungagung / Anik Dwi Haryanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar penjumlahan bilangan bulat melalui model pembelajaran kooperatif NHT pada siswa kelas IV SDN 01 Kalibatur Tulungagung / Anik Dwi Haryanti

Haryanti, Anik Dwi (2010) Peningkatan hasil belajar penjumlahan bilangan bulat melalui model pembelajaran kooperatif NHT pada siswa kelas IV SDN 01 Kalibatur Tulungagung / Anik Dwi Haryanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Haryanti Anik Dwi. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif NHT Pada Siswa Kelas IV SDN 01 Kalibatur Tulungagung. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. H. M. Zaenudin M. Pd (II) Drs. Sunyoto S. Pd. M. Si Kata Kunci hasil belajar bilangan bulat pembelajaran kooperatif NHT Hasil observasi di SDN 01 Kalibatur pada pembelajaran Matematika kelas IV kurang memotivasi siswa untuk meningkatkan aktivitas belajar. Dalam kegiatan pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dan penugasan. Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil dan memberikan tugas pada setiap kelompoknya. Dalam menyelesaikan tugas kelompok ketrampilan kooperatif siswa masih belum terlihat. Siswa yang pandai selalu mendominasi tugas yang diberikan guru sedangkan siswa yang kurang pandai hanya menurut dan menyalin jawaban dari siswa yang lebih pandai. Motivasi dan rasa percaya diri siswa dalam mengerjakan tugas juga terlihat kurang. Siswa terlihat ragu-ragu dalam menyatakan pendapat karena masih mempunyai rasa takut. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dalam pembelajaran di kelas dapat diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif NHT dalam pembelajaran penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas IV (2) untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa matematika di kelas IV. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Sedangkan rancangan penelitian ini mengacu pada model spiral dari Kemmis dan Taggart. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Teknik analisa data dilakukan setelah pelaksanaan tindakan pada setiap siklus. Untuk hasil belajar digunakan KKM sebagai standar ketuntasan siswa dalam belajar yaitu sebesar 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berdiskusi siswa kelas IV SDN 01 Kalibatur yang ditunjukkan dari peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus. Pada siklus I persentase ketuntasan diskusi sebesar 55 56% dan siklus II pada proses diskusi diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 88 88 %. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 62 96% dan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 88 88%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran penjumlahan bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 01 Kalibatur. Selain itu pembelajaran kooperatif NHT ini perlu diterapkan oleh guru agar pembelajaran yang dilakukan dapat memberikan motivasi siswa dalam belajar serta dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar secara kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103264

Actions (login required)

View Item View Item