Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep sumber daya alam mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Parasrejo I Pohjentrek Pasuruan / Maisaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep sumber daya alam mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Parasrejo I Pohjentrek Pasuruan / Maisaroh

Maisaroh (2010) Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep sumber daya alam mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Parasrejo I Pohjentrek Pasuruan / Maisaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil observasi ditemukan bahwa pembelajaran IPS di SDN Parasrejo I pada semester I belum mencapai SKM yang ditentukan yaitu 60 sedangkan nilai rata-rata yang dicapai siswa adalah 5 8. berdasarkan hal tersebut maka peneliti mencoba menerapkan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar IPS terutama pada materi sumber daya alam. Ketuntasan suatu pembelajaran dapat dilihat dari tercapainya tujuan yang diharapkan dengan menggunakan acuan tertentu sebagai dasar. Dalam penelitian ini keberhasilan dan ketuntasan didasarkan pada penilaian acuan kriteria yaitu siswa dikatakan tuntas belajar (berhasil) jika telah mencapai skor penguasaan minimal 70 %. Sedangkan kelompok atau kelas dikatakan tuntas belajar (berhasil) jika minimal dari 80 % dari jumlah kelompok atau kelas mencapai ketuntasan perseorangan.Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Kontekstual dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Parasrejo I Pohjentrek Pasuruan (2) Untuk mendeskripsikan penggunaan pembelajaran Kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Parasrejo I Pohjentrek Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada teori Kemmis Tagart dengan 2 siklus dan 4 kali pertemuan. Dalam pelaksanaannya pembelajaran ini dibagi menjadi beberapa tahap yaitu (1) tindakan awal yaitu dengan memberikan pre tes sebagai tes awal yang bertujuan untuk mengetahui data nilai siswa yang mengalami kesulitan belajar (2) siklus pertama (tindakan I) yaitu melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran kontekstual dan siklus ke dua (Tindakan II) yaitu melaksanakan pembelajaran menerapkan pembelajaran kontekstual dengan menggunakan yang disempurnakan dari kekurangan yang dialami pada siklus I atau hasil refleksi dari siklus I Hasil penelitian ini adalah pada siklus I ketuntasan belajar individu mencapai 73 3% yang berarti meningkat sebesar 17 5% dari sebelum penerapan kontekstual melalui pre tes pada tindakan awal yang mencapai 56 6%. Selanjutnya pada siklus II ketuntasan individu meningkat menjadi 90% dan dinyatakan berhasil tuntas. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Parasrejo I Pasuruan. Disarankan kepada guru hendaknya menerapkan pembelajaran Kontekstual khususnya dalam mata pelajaran IPS. Karena mudah dilaksanakan dan sangat menarik minat siswa dalam belajar sehingga mereka mudah memahami materi dan tujuan pembelajaran akan tercapai secara optimal. Bagi peneliti lain penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan acuan dalam penelitian selanjutnya sehingga hasilnya dapat dijadikan pedoman dan pengembangan profesi dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103263

Actions (login required)

View Item View Item