Penggunaan media papan magnetik untuk meningkatkan penguasaan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SDN Pungging, Pasuruan / Lilik Churiyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media papan magnetik untuk meningkatkan penguasaan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SDN Pungging, Pasuruan / Lilik Churiyati

Churiyati, Lilik (2010) Penggunaan media papan magnetik untuk meningkatkan penguasaan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SDN Pungging, Pasuruan / Lilik Churiyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Churiyati Lilik. 2010. Penggunaan Media Papan Magnetik untuk Meningkatkan Penguasaan Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Siswa Kelas IV SDN Pungging Tutur Pasuruan. Skripsi jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri malang. Pembimbing (1) Drs. H. Sutrisno S. Pd. M. Pd. (II) Drs. Tomas Iriyanto S. Pd. M. Pd. Kata kunci penjumlahan dan pengurangan papan magnetik penguasaan siswa bilangan bulat. Penelitian ini berlatar belakang adanya kualitas praktik pembelajaran di kelas IV SDN Pungging yang relatif rendah. Kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat disebabkan guru kurang kreatif dalam penggunaan media pembelajaran pada penanaman penguasaan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Keaktifan siswa dalam belajar masih rendah siswa-siswa kurang kreatif kurang menyenangkan dan pemahaman terhadap penguasaan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat juga relaitf rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan media papan magnetik yang dapat meningkatkan penguasaan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Pungging Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan. (2) Mendeskripsikan peningkatan penguasaan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Pungging Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan setelah diterapkan media papan magnetik. Untuk mencapai tujuan di atas penelitian ini dilakukan dengan rancangan penelitian kelas (PTK) yang dilakukan melalui 4 tahap mulai dari tahap proses identifikasi masalah perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Tehnik pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dokumentasi dan tes. Analisis data ketuntasan individu mencapai skor 65% atau nilai 65 dan kelas disebut tuntas belajar bila di kelas tersebut terdapat 85% yang telah mencapai daya serap lebih dari atau sama dengan 85. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar matematika setelah mendapat pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan media papan magnetik. Peningkatan ini dilihat dari partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran dan hasil belajar yang ditunjukkan oleh skor hasil tes. Pertemuan pada siklus I nilai rata-rata 6 61dengan prosentase 61 11% dan nilai rata-rata pada siklus II yaitu 8 11 dengan prosentase 88 88%. peningkatan nilai yang diperoleh siswa secara klasikal menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan minimal belajar sesuai dengan apa yang diharapkan yaitu 85%. Berdasarkan hasil penelitian ini pembelajaran dengan menggunakan media papan magnetik dapat dipertimbangkan sebagai alternatif media pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Hasil ketuntasan belajar siswa mencapai 88 8% di atas ketentuan yang ditetapkan yaitu 85%. Hasil penelitian ini sangat dimungkinkan dapat diterapkan di kelas IV sekolah lain jika kondisinya relatif sama atau mirip dengan sekolah yang menjadi latar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103261

Actions (login required)

View Item View Item