Peningkatan kemampuan memahami isi bacaan melalui media gambar ilustrasi di kelas II SDN Sukorejo 03 Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan / Siti Fatimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan memahami isi bacaan melalui media gambar ilustrasi di kelas II SDN Sukorejo 03 Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan / Siti Fatimah

Fatimah, Siti (2010) Peningkatan kemampuan memahami isi bacaan melalui media gambar ilustrasi di kelas II SDN Sukorejo 03 Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan / Siti Fatimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fatimah Siti. 2010. Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Melalui Media Gambar Ilustrasi di Kelas II SDN Sukorejo 03 Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Program Studi S1 PGSD. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah. Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing (I) Drs. Rumidjan M.Pd (II) Drs. I Wayan Sutama M.Pd Kata kunci Peningkatan kemampuan memahami isi bacaan media gambar ilustrasi sekolah dasar. Hasil pengamatan pada siswa kelas II SDN Sukorejo 03 ditemukan bahwa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia aspek membaca belum terlaksana secara optimal. Siswa terlihat kurang berminat dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru karena 1) siswa belum memahami kosakata dalam bacaan. 2) siswa belum memahami kalimat dalam bacaan. 3) siswa belum memahami isi bacaan. Karena itu penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk 1) mendeskripsikan proses penggunaan media gambar ilustrasi untuk meningkatkan kemampuan memahami isi teks bacaan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan memahami isi teks bacaan melalui media gambar ilustrasi dalam pembelajaran memahami isi bacaan siswa. Pemecahan masalah dilaksanakan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas II dengan menggunakan media gambar ilustrasi. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa Kelas II SDN Sukorejo 03 Kecamatan Sukorejo tahun pelajaran 2009-2010 yang berjumlah 23 siswa. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan tes observasi dan wawancara. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisa secara deskriptif prosentase dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian siklus I dan II menunjukkan perubahan positif terhadap hasil belajar siswa. Penggunaan gambar ilustrasi dapat meningkatkan keaktifan siswa yang pada siklus I sebesar 66% menjadi 78% pada siklus II atau meningkat 12% meningkatkan kreatifitas siswa yang pada siklus I sebesar 60% menjadi 76% pada siklus II atau meningkat 16% meningkatkan minat belajar siswa yang pada siklus I sebesar 66% menjadi 88% pada siklus II atau meningkat 22% dan meningkatkan hasil belajar siswa yang pada siklus I nilai rata-rata kelasnya 68 menjadi 75 pada siklus II. Hasil tes pada akhir siklus II menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar klasikal sebesar 87% dari 70% pada siklus I dan mencapai angka ketuntasan klasikal yang ditetapkan ( 8805 80%) karena itu penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II. Guru disarankan untuk menerapkan dan mengembangkan penggunaan media gambar ilustrasi tersebut ke dalam kompetensi atau materi lain sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan sekolah masing-masing. Dalam penelitian tindakan kelas ini masih ada 3 siswa yang belum mencapai ketuntasan individu (13%). Hal ini disarankan untuk dapat ditingkatkan oleh peneliti-peneliti lain dalam kegiatan serupa sehingga hasil belajar yang dicapai bisa lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103260

Actions (login required)

View Item View Item