Using semantic mapping as a tool to improve vocabulary mastery of the seventh graders at SMPN 15 Malang / Siti Idawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Using semantic mapping as a tool to improve vocabulary mastery of the seventh graders at SMPN 15 Malang / Siti Idawati

Idawati, Siti (2016) Using semantic mapping as a tool to improve vocabulary mastery of the seventh graders at SMPN 15 Malang / Siti Idawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Idawati Siti.2016. Using Semantic Mapping as a Tool to Improve Vocabulary Mastery of Seventh Graders at SMPN 15 Malang. Thesis English Department Faculty of Letters State University of Malang. Advisors (1) Dr. Enny Irawati M.Pd (2) Dr. E.D. Laksmi M.Pd M.A Kata Kunci penguasaan kosakata keterlibatan siswa semantic mapping. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk membantu guru mengatasi masalah di dalam kelas. Peneliti menemukan bahwa siswa kelas 7A pada SMPN 15 Malang memiliki masalah dalam menerjamahkan dan menulis ejaan kosakata bahasa Inggris. Hanya ada 6 dari 32 siswa yakni 18 75% dari siswa mampu mendapatkan nilai di atas 75. Oleh karena itu peneliti merencanakan strategi peta semantik untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat pertemuan. Subjek pada penelitian ini adalah kelas 7A yang terdiri dari 32 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian yaitu tes hasil pembelajaran lembar observasi catatan lapangan dan kuisioner. Strategi peta semantik dikatakan berhasil jika 80% siswa mampu mendapatkan nilai di atas 75 dan 75% siswa terlibat dalam pembelajaran. Peneliti menerapkan peta semantik memfokuskan pada arti dan pengejaanya. Penelitian ini fokus pada kata benda dikarenakan materi pelajaran adalah benda-benda di sekitar siswa. Siswa diminta untuk menulis kata-kata benda yang bersangkutan tentang sebuah tema misalnya menulis tentang benda-benda di dalam kelas halaman sekolah dan rumah. Hasil dari penelitian menunjukkan hanya 3 dari 32 siswa yang mendapatkan nilai di bawah 75 artinya 90 62% siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada penguasaan kosakata bahasa Inggrisnya. Selain itu keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan setiap pertemuan. Lebih dari 80% siswa terlibat pada pertemuan ke-3 dan ke-4. Penerapan peta semantik strategi terdiri dari beberapa tahap. Pertama yang harus dilakukan adalah membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. Kemudian siswa diminta untuk mengamati media yang telah disediakan oleh guru. Setelah itu siswa diminta untuk mengisi lembar kerja yang telah dibagikan oleh guru. Kemudian siswa dimotivasi untuk mengajukan pertanyaan. Selanjutnya siswa diminta untuk membuat peta semantik sesuai materi pembelajaran. Setelah itu siswa diminta untuk mengisi kalimat rumpang. Pembelajaran diakhiri dengan menyimpulkan materi pembelajaran. Peneliti menyarankan guru bahasa Inggris untuk menerapkan peta semantik sebagai salah satu alternatf strategi untuk membantu siswa meningkatkan penguasaan kosakata. Selanjutnya peneliti menyarankan kepala sekolah untuk menyediakan LCD proyektor untuk membantu guru dalam menerapkan strategi. Peneliti juga menyarankan kepada peneliti yang akan datang untuk menggunakan penelitian ini sebagai bahan pustaka. Selain itu untuk para peneliti yang lebih luas disarankan untuk menggunakan peta semantik dalam meningkatkan penguasaan kosakata dalam segi pelafalan penggunaan dan konotasi denotasinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10326

Actions (login required)

View Item View Item