Penerapan model pembelajaran bermain peran untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi sistem pemerintahan pusat di kelas IV SDN Candibinangun 01 Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan / Siti Maisaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran bermain peran untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi sistem pemerintahan pusat di kelas IV SDN Candibinangun 01 Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan / Siti Maisaroh

Maisaroh, Siti (2010) Penerapan model pembelajaran bermain peran untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi sistem pemerintahan pusat di kelas IV SDN Candibinangun 01 Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan / Siti Maisaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maisaroh Siti. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Sistem Pemerintahan Pusat Di Kelas IV SDN Candibinangun 01 Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Pra Sekolah. Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing (I) Dr. Sa dun Akbar M.Pd (II) Drs. Ahmad Samawi M.Hum Kata kunci Model pembelajaran bermain peran hasil belajar PKn sistem pemerintahan pusat SD Model pembelajaran PKn materi sistem pemerintahan pusat yang dilaksanakan di kelas IV SDN Candibinangun 01 Kecamatan Sukorejo masih terpusat pada guru dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Siswa menjadi jenuh dan hasil belajarnya rendah. Dari 25 siswa hanya 8 orang (32%) yang tuntas belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran bermain peran dalam pembelajaran PKn (2) Mendeskripsikan dampak penerapan model pembelajaran bermain peran terhadap keaktifan kreatifitas dan rasa senang siswa dan (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Kemis dan Taggart secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas IV dengan menerapkan model pembelajaran bermain peran selama 2 (dua) siklus. Siklus I dilaksanakan tanggal 17 April 2010 dan siklus II dilaksanakan tanggal 24 April 2010. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Candibinangun 01 Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 25 orang. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan tes observasi dan wawancara. Data dianalisa secara deskriptif prosentase dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan (1) Keaktifan siswa yang pada siklus I sebesar 62 5% menjadi 72 5% pada siklus II atau meningkat 10% (2) Kreatifitas siswa pada siklus I sebesar 52 5% menjadi 75% pada siklus II atau meningkat 22 5% dan (3) Rasa senang siswa pada siklus I sebesar 67 5% menjadi 77 5% pada siklus II atau meningkat 10%. Nilai rata-rata kelas meningkat dari 62 pada tahap pra penelitian menjadi 71 pada siklus I dan 76 pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi sistem pemerintahan pusat siswa kelas IV SDN Candibinangun 01 Kecamatan Sukorejo. Peneliti menyarankan agar para guru menerapkan model pembelajaran bermain peran pada pembelajaran lain sesuai situasi dan kondisi sekolah. Dalam penelitian ini masih ada 3 siswa yang belum tuntas belajar. Hal ini dapat dijadikan bahan pertimbangan oleh peneliti lain untuk lebih mengoptimalkan kegiatan serupa sehingga hasilnya lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103251

Actions (login required)

View Item View Item