Kartika, Tika (2016) Developing an illustrated story to teach personal pronouns to seventh grade students of SMPN 2 Malang / Tika Kartika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kartika Tika. 2016. Developing Illustrated Story to Teach Pronouns at Seventh Grade Students of SMPN 2 Malang. Skripsi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Francisca Maria Ivone M.Pd. Ph.D. (II) Ekaning Dwi Laksmi M.Pd. M.A Kata Kunci Grammar memiliki peran penting dalam pembelajaran dan pengajaran Bahasa Inggris. Salah satu materi grammar yang dianggap menantang bagi guru Bahasa Inggris di SMP 2 adalah personal pronouns. Berdasarkan informasi yang diperoleh dalam preliminary study mengajarkan personal pronouns kepada siswa kelas tujuh tidaklah mudah. Hal ini dibenarkan dengan hasil penelitian awal bahwa hanya 6 dari 28 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM saat mengikuti tes. Padahal guru telah memberikan penjelasan ulang mengenai materi tersebut baik di luar maupun di dalam kelas. Mengingat kondisi demikian guru menjadi dilemma untuk menanngulangi masalah tersebut. Sebab dengan mengulangi materi tersebut siswa lain yang telah menguasai materi akan merasa bosan dan dikhawatirkan jenuh untuk belajar Bahasa Inggris. Namun guru juga tidak bisa membiarkan siswa yang belum menguasai materi. Berdasarkan masalah tersebut peneliti tertarik untuk mengembangkan materi tambahan untuk belajar personal pronouns. Sebuah cerita berilustrasi dikembangkan untuk mengatasi masalah yang dihadapi siswa. Penelitian ini mengadapatasi model pengembangan dari Borg Gall (2003) dan dilakukan dengan 8 langkah sebagai berikut (1) needs analysis (2) planning (3) product development (4) expert validation (5) first revision (6) try out (7) second revision dan (8) final product. Cerita berilustrasi ini divalidasi oleh dua ahli yaitu dosen dari Univeristas Negeri Malang dan guru Bahasa Inggris kelas VII di SMPN 2 Malang. Kemudian produk dalam penelitian ini diujicobakan kepada 6 siswa dari VII G SMPN 2 Malang sebagai perwakilan. Produk ini direvisi berdasarkan feedback yang diberikan oleh validator dan siswa. Produk akhir dalam penelitian ini berupa sebuah media digital dalam bentuk Flash (.exe) yang berukuran 25 MB. Media ini bisa dioperasikan menggunakan computer dengan Flash Player yang terinstal pada computer tersebut. Media ini menyediakan cerita tentang The Simpsons. Materi tentang personal pronouns disajikan secara induktif sehingga materi pada media ini dibagi menjadi tiga yaitu penjelasan contoh dan latihan soal. Pada cerita dalam media ini terdapat kotak-kotak yang memiliki gambar tokoh cerita beserta kata ganti untuk tokoh tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk menandai personal pronouns dalam sebuah kalimat. Hasil dari penelitian ini diperoleh dari feedback yang diberikan oleh validator dan siswa. Menurut para validator media ini dapat digunakan sebagai materi tambahan untuk belajar personal pronounsbagi siswa kelas tujuh. Selain itu menurut masukan dan komentar yang diberikan oleh siswa media ini sangat menarik untuk digunakan. Produk ini disarankan untuk digunakan sebagai bahan pembelajaran secara mandiri di luar kelas. Namun guru juga dapat menggunakannya di kelas guna menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Untuk penelitian selanjutnya disarankan agar dapat menggunakan teknologi yang lebih canggih agar siswa mendapatkan atmosfir yang menyenangkan untuk belajar Bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10325 |
Actions (login required)
View Item |