Peningkatan hasil belajar IPA tentang sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri di kelas V SDN Gading II Winongan Pasuruan / Henry Setio Wiyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPA tentang sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri di kelas V SDN Gading II Winongan Pasuruan / Henry Setio Wiyono

Wiyono, Henry Setio (2010) Peningkatan hasil belajar IPA tentang sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri di kelas V SDN Gading II Winongan Pasuruan / Henry Setio Wiyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wiyono H S. 2010. Peningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Sifat-Sifat Cahaya Dengan Menggunakan Model Inkuiri Di Kelas V SDN Gading II Kecamatan Winongan Pasuruan. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Program Studi S1 PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Usep Kustiawan M.Sn (2) Dra. Hj. Sri Estu Winahyu M.Pd Kata Kunci Hasil Belajar IPA Tentang Sifat-Sifat Cahaya SD Model Inkuiri Berdasarkan observasi awal ditemukan permasalahan bahwa dari 19 siswa Kelas V SDN Gading II Kecamatan Winongan Pasuruan ada 18 siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi sifat-sifat cahaya sehingga mendapat hasil belajar dibawah KKM yang ditetapkan oleh SDN Gading II Kecamatan Winongan Pasuruan. Menurut Sund dan Trowbridge dalam http //viplab.if.its.ac.id/Nikki/ Catatan-Harian-Lab-VIP Blog Archive Model-Pemb-Inkuiri.htm Pembelajaran inkuiri terbimbing yaitu suatu model pembelajaran inkuiri yang dalam pelaksanaannya guru menyediakan bimbingan atau petunjuk cukup luas kepada siswa. Dengan kata lain siswa merumuskan sendiri penemuannya tetapi dengan bimbingan guru. Untuk mengatasi hal itu perlu diadakan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Inkuiri dalam pembelajaran IPA tentang sifat-sifat cahaya di kelas V SDN Gading II mendeskripsikan hasil belajar IPA kelas V SDN Gading II tentang sifat-sifat cahaya setelah penerapan model Inkuiri mendeskripsikan tanggapan guru kelas V SDN Gading II terhadap penerapan model inkuiri dalam mempelajari materi IPA tentang sifat-sifat cahaya dan mendeskripsikan tanggapan siswa kelas V SDN Gading II terhadap penerapan model inkuiri dalam mempelajari materi IPA tentang sifat-sifat cahaya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rincian pelaksanaan pratindakan yang terdiri dari satu kali pertemuan siklus I dua kali pertemuan siklus II dua kali pertemuan dan siklus III satu kali pertemuan. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dibagi dalam empat siklus masing-masing siklus terdiri dari (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah 19 siswa kelas V SDN Gading II Kecamatan Winongan Pasuruan Semester II tahun pelajaran 2009/2010. Instrumen penelitian ini meliputi pedoman observasi lembar evaluasi (tes) dan pedoman wawancara. Teknik yang dipakai adalah analisis data dan persentase. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini penerapan pembelajaran IPA dengan menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi sifat-sifat cahaya diawali dengan memancing siswa dengan memberikan pertanyaan agar siswa dapat merumuskan masalah. Rumusan masalah dari siswa berupa pertanyaan. Selanjutnya siswa memberikan jawaban sementara dari rumusan masalah yang telah dibuat. Kemudian siswa melakukan percobaan untuk menguji jawaban sementara atau hipotesis yang telah dibuat siswa. Hasil percobaan yang didapatkan kemudian di simpulkan oleh siswa. Simpulan yang telah dibuat akan mendapat penguatan dari guru sehingga siswa dapat menerapkan hasil percobaan yang telah dilakukan menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model Inkuiri yaitu pada siklus I nilai rata-rata kelas 68 42 siklus II 73 42 dan siklus III meningkat menjadi 82 11. Tanggapan guru terhadap penerapan model inkuiri dalam pembelajaran IPA tentang sifat-sifat cahaya adalah sangat senang. Guru menjadi percaya diri dalam mengajar. Guru menjadi termotivasi untuk menambah pengetahuannya dalam usaha meningkatkan kualitas pembelajaran maupun hasil pembelajaran. Tanggapan siswa dalam penerapan model inkuiri terbimbing adalah siswa senang karena siswa dapat bekerja sama dengan teman-temannya dalam kelompok siswa melakukan pengamatan sendiri dan siswa dapat menuangkan ide dan pikirannya. Berdasarkan hasil penelitian ini simpulan yang diperoleh ialah model pembelajaran Inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN Gading II Kecamatan Winongan Pasuruan. Adapaun saran yang diberikan yaitu dalam Proses Belajar Mengajar guru sebaiknya menggunakan model Inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang tepat sehingga hasil belajar siswa akan meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103249

Actions (login required)

View Item View Item