Penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kels V SDN Pecalukan 1 Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan / Nur Ainiyah

Ainiyah, Nur (2010) Penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kels V SDN Pecalukan 1 Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan / Nur Ainiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ainiyah, Nur. 2010. Penerapan Metode Inkuiri dalam Pembelajaran IPS untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Pecalukan 1 Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Sugiharti, M.Pd, Pembimbing (II) Dra. Wiwik Dwi Hastuti, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: metode inkuiri, hasil belajar, IPS SD Nilai IPS termasuk dalam kategori rendah dengan nilai rata-rata nilai ulangan pada semester I, yaitu 61. Dari siswa yang berjumlah 34 anak, hanya ada 9 siswa (26%) yang mencapai KKM, sedangkan 25 siswa (74%) masih belum mencapai KKM. Hal ini karena guru lebih sering menerapkan metode pembelajaran yang kurang melibatkan keaktifan siswa dan pengalaman langsung pada diri siswa. Permasalahan tersebut diatasi dengan penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Pecalukan 1 Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Pecalukan 1 kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan, (2) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan penerapan metode inkuiri di kelas V SDN Pecalukan 1 Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan, (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan penerapan metode inkuiri di kelas V SDN Pecalukan 1 kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dirancang dengan menggunakan model Kemmis Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Setiap tindakan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pecalukan 1 Kecamatan prigen Kabupaten Pasuruan. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Pecalukan 1. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, soal tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Pecalukan 1 Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan dapat berjalan dengan lancar dengan melalui beberapa tahapan, yaitu perumusan masalah, perumusan hipotesis, mendeskripsikan definisi istilah, pengumpulan data, evaluasi dan analisis data, dan pengujian hipotesis. (2) aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yang ditunjukkan dengan bertambah banyaknya siswa yang aktif dalam pembelajaran pada setiap aspek yang dinilai, yaitu: mengajukan pertanyaan meningkat sebesar 13%, mengemukakan pendapat meningkat sebesar 16%, menjawab pertanyaan meningkat sebesar 13%, bekerja sama dalam kelompok meningkat sebesar 11%, dan melakukan diskusi kelompok meningkat sebesar 5%, (3) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yang ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang menjawab benar sehingga nilai hasil evaluasi siswa mengalami peningkatan. Nilai rata-rata kelas pada observasi awal 61, meningkat menjadi 70,2 pada pertemuan pertama siklus I, meningkat menjadi 80,8 pada pertemuan kedua siklus I, dan meningkat menjadi 86 pada siklus II. Ketuntasan klasikal pada pertemuan pertama siklus I yaitu 29% meningkat menjadi 59% pada pertemuan kedua siklus I, dan meningkat menjadi 94% pada siklus II. Besarnya peningkatan ketuntasan klasikal dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua siklus I adalah 30%, dan dari pertemuan kedua siklus I ke siklus II adalah 35%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran IPS dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: a) perumusan masalah, b) perumusan hipotesis, c) mendeskripsikan definisi istilah, d) pengumpulan data, e) evaluasi dan analisis data, dan f) pengujian hipotesis; 2) Penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari bertambah banyaknya siswa yang aktif dalam pembelajaran pada setiap aspek yang dinilai; 3) Penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari bertambah banyaknya siswa yang menjawab benar sehingga nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan. Saran dari penelitian ini adalah: 1) Bagi guru, disarankan agar menggunakan metode inkuiri dalam pembelajaran; 2) Bagi sekolah, disarankan untuk mengadakan kegiatan seminar untuk menambah pengetahuan guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan metode inkuiri; 3) Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk meneliti penggunaan metode inkuiri dalam pembelajaran agar menambah perbendaharaan ilmu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103247

Actions (login required)

View Item View Item