Peningkatan hasil belajar IPA melalui media benda asli pada siswa kelas V SDN Curahrejo II Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan / Shobirin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPA melalui media benda asli pada siswa kelas V SDN Curahrejo II Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan / Shobirin

Shobirin (2010) Peningkatan hasil belajar IPA melalui media benda asli pada siswa kelas V SDN Curahrejo II Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan / Shobirin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bukan hanya penguasaan pengetahuan yang berupa fakta-fakta atau konsep-konsep saja melainkan suatu proses penemuan. Upaya mencapai tujuan pembelajaran IPA tidak hanya ditentukan metodenya saja tetapi didukung pemilihan media pembelajaran yang relevan dengan materi dan karakteristik siswa. Pemanfaatan media benda asli dalam pembelajaran IPA dapat memudahkan siswa memahami konsep IPA. Fakta hasil observasi awal diperoleh data bahwa pembelajaran menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran suasana kelas pasif dan hasil belajar siswa tidak maksimal. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan media benda asli dalam pembelajaran gaya gravitasi pada siswa kelas V SDN Curahrejo II Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan 2) Untuk mengetahui hasil belajar materi gaya gravitasi dengan diterapkannya media benda asli pada siswa kelas V SDN Curahrejo II Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara bersiklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian berjumlah 16 siswa terdiri dari 7 laki-laki dan 9 perempuan. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui observasi dokumen dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan media benda asli pada pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Curahrejo II Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan dilakukan dengan langkah-langkah yaitu siswa melakukan eksperimen tentang gaya gravitasi secara berkelompok menggunakan media benda asli berupa daun buah jambu kertas batu kecil kapas bola kelereng dan sebagainya. Dilanjutkan menyelesaikan LKS diskusi dan diakhiri dengan evaluasi. Penerapan media benda asli pada pembelajaran gaya gravitasi siswa kelas V SDN Curahrejo II Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan melalui evaluasi pada siklus I yaitu dari nilai rata-rata kelas 68 75 meningkat menjadi 86 87 pada siklus II. Kesimpulan penerapan media benda asli dapat meningkatkan kualitas proses belajar aktivitas dan hasil belajar gaya gravitasi. Disarankan kepada kepala SDN Curahrejo II melakukan perbaikan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. Kepada rekan guru manfaatkanlah media dalam pembelajaran. Kepada peneliti lain diharapkan mengadakan penelitian lebih lanjut tentang pemanfaatan media pembelajaran benda asli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103244

Actions (login required)

View Item View Item