Tanggapan dan harapan guru sekolah dasar terhadap proses sertifikasi di Kabupaten Nganjuk / Dwi Nurhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Tanggapan dan harapan guru sekolah dasar terhadap proses sertifikasi di Kabupaten Nganjuk / Dwi Nurhayati

Nurhayati, Dwi (2010) Tanggapan dan harapan guru sekolah dasar terhadap proses sertifikasi di Kabupaten Nganjuk / Dwi Nurhayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurhayati Dwi. 2010. Tanggapan dan Harapan Guru Sekolah Dasar terhadap Proses Sertifikasi di Kabupaten Nganjuk. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. FIP. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Harti Kartini M.Pd. (II) Dra. Hj. Lilik Bintartik M.Pd. Kata kunci harapan tanggapan guru sertifikasi. Program sertifikasi merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan meningkatkan kesejahteraan guru yaitu dengan memberikan tunjangan profesi sebesar satu kali gaji pokok bagi guru yang telah memiliki sertifikat pendidik. Program sertifikasi mengundang banyak tanggapan dan harapan dari guru SD di Kabupaten Nganjuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tanggapan dan harapan guru sekolah dasar baik yang belum maupun yang sudah bersertifikat pendidik terhadap proses sertifikasi di kabupaten Nganjuk. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif komparatif ex post facto yang bersumber pada data primer. Variabel penelitian meliputi variabel tanggapan dan harapan guru SD yang belum bersertifikat pendidik (X1) dan tanggapan dan harapan guru SD yang sudah bersertifikat pendidik (X2). Populasi penelitian meliputi seluruh guru sekolah dasar di wilayah kabupaten Nganjuk. Sampel untuk guru yang belum bersertifikat pendidik maupun yang sudah bersertifikat pendidik masing-masing sebesar 83 orang sehingga jumlah sampel seluruhnya sebesar 166 orang yang diambil dengan teknik area nonproposional random sampling dari jumlah guru pada tiap-tiap kecamatan di wilayah Kabupaten Nganjuk. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan analisis data secara deskriptif kualitatif dan analisis uji beda Mann-Whitney. Tanggapan merupakan gambaran penilaian responden atas kondisi riil penerapan proses sertifikasi di Kabupaten Nganjuk berdasarkan 5 prinsip sertifikasi sedangkan harapan merupakan gambaran kondisi ideal mengenai apa yang dianggap penting oleh responden dalam penerapan proses sertifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum terdapat perbedaan tanggapan dan harapan yang signifikan antara guru SD yang belum bersertifikat pendidik dengan yang sudah bersertifikat pendidik terhadap proses sertifikasi guru di Kabupaten Nganjuk yaitu sebesar 99 34 untuk guru SD yang belum bersertifikat pendidik dan 67 66 guru SD yang sudah bersertifikat pendidik. Berdasarkan indikator prinsip-prinsip sertifikasi diketahui bahwa guru SD yang belum bersertifikat pendidik memiliki perbedaan antara tanggapan dan harapan yang lebih besar dari pada guru SD yang sudah bersertifikat pendidik. Saran yang diberikan bagi lembaga penyelenggara sertifikasi agar meningkatkan kualitas penyelenggaraan proses sertifikasi dengan lebih mengedepankan prinsip-prinsip sertifikasi. Saran bagi guru SD yang belum bersertifikat pendidik agar mencari informasi yang benar mengenai proses sertifikasi agar jangan sampai terjadi salah persepsi. Saran bagi guru SD yang sudah bersertifikat pendidik diharapkan untuk terus mengembangkan kompetensi sesuai dengan aspek-aspek kompetensi dan keprofesionalan yang dikembangkan selama mengikuti sertifikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103243

Actions (login required)

View Item View Item