Pemanfaatan media blok pecahan pada penanaman konsep pecahan untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan di kelas III SDN Sisir 06 Kota Batu / Rini Lidiawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media blok pecahan pada penanaman konsep pecahan untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan di kelas III SDN Sisir 06 Kota Batu / Rini Lidiawati

Lidiawati, Rini (2010) Pemanfaatan media blok pecahan pada penanaman konsep pecahan untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan di kelas III SDN Sisir 06 Kota Batu / Rini Lidiawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lidiawati Rini. 2010. Pemanfaatan Blok Pecahan pada Penanaman Konsep Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan di Kelas III SDN Sisir 06 Kota Batu. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah (KSDP) Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing (I) Drs. Bambang Soerjono M.Ed. (II) Dr. Syaiful Imam M.Pd. Kata Kunci Blok Pecahan Konsep Pecahan Hasil Belajar Hasil observasi dalam pembelajaran Matematika di SDN Sisir 06 Kota Batu pembelajaran masih berpusat pada guru dan siswa kurang aktif. Pemahaman siswa masih minim akibatnya nilai ulangan untuk pokok bahasan pecahan belum memenuhi syarat ketuntasan. Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa yang akan meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas III semester II SDN Sisir 06 Kota Batu khususnya dalam materi pecahan melalui bantuan blok pecahan agar nilai yang dihasilkan dapat memenuhi syarat ketuntasan belajar. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlah 39 siswa di SDN Sisir 06 Kota Batu. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah pedoman penilaian kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pedoman penilaian aktifitas siswa dan soal tes. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang tuntas sejumlah 22 siswa (56 4 %) dan yang tidak tuntas belajar sejumlah 17 siswa (43 5 %) dengan nilai rata-rata kelas 66 6. Pada siklus II siswa yang tuntas belajar sejumlah 34 siswa (87 %) dan yang tidak tuntas belajar sejumlah5 siswa (13 %) dengan nilai rata-rata kelas 83 5. Hasil siklus II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sehingga mencapai ketuntasan klasikal. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui pemanfaatan blok pecahan pada penanaman konsep pecahan dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas III SDN Sisir 06 Kota Batu. Tolok ukur pemahaman siswa berdasarkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar guru menggunakan media yang dapat dimanipulasi siswa dalam menanamkan suatu konsep. Hal ini disesuaikan dengan tingkat pemikiran dan usia siswa kelas III yang masih berada dalam periode opersi kongkret. Sehingga siswa akan lebih memahami sesuatu konsep khususnya Matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103242

Actions (login required)

View Item View Item