Meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan asesmen portofolio pada pembelajaran IPA siswa kelas III SDN Glagahsari III Sukorejo Pasuruan / Ina Purwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan asesmen portofolio pada pembelajaran IPA siswa kelas III SDN Glagahsari III Sukorejo Pasuruan / Ina Purwati

Purwati, Ina (2010) Meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan asesmen portofolio pada pembelajaran IPA siswa kelas III SDN Glagahsari III Sukorejo Pasuruan / Ina Purwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwati Ina. 2010. Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Asesmen Portofolio pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas III SDN Glagahsari III Sukorejo Pasuruan. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.Ir.Endro Wahyuno M.Si (II) Dra.Hj. Harti Kartini M.Pd Kata Kunci Asesmen Portofolio IPA Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas III SDN Glagahsari III Sukorejo pada pembelajaran IPA nampak kegiatan yang dilakukan guru bervariasi sementara guru hanya melakukan penilaian tes saja. Hasil tes siswa dianggap sebagai cerminnya hasil belajar dengan tes belum dapat menggambarkan kemampuan siswa seluruhnya oleh karena itu dilakukan perbaikan cara penilaian hasil belajar dengan menggunakan asesmen portofolio. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya peningkatan hasil belajar kemandirian dan peningkatkan aktivitas siswa dengan penerapan asesmen portofolio. Bukti belajar yang dijadikan bahan dalam penilaian portofolio di dalam penelitian ini berupa LKS hasil tes keaktifas siswa. kliping dan refleksi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif model kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Glagahsari III Sukorejo Pasuruan. Dalam penelitian ini peneliti sebagai observer dan guru kelas sebagai pengajar. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Teknik penilaian yang dilakukan guru akan berpengaruh pada cara belajar siswa. Penilaian yang dilakukan hanya dengan tes cenderung membuat siswa untuk menghafal. Selain itu mendorong guru untuk menyampaikan materi sebanyak-banyaknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan asesmen portofolio pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN Glagahsari III Sukorejo Pasuruan dapat meningkatan hasil belajar kemandirian dan aktivitas siswa. Disarankan kepada guru kelas III SDN Glagahsari III Sukorejo Pasuruan agar menerapkan asesmen portofolio dalam pembelajaran IPA sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan kemandirian siswa secara penuh baik fisik maupun mental.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103241

Actions (login required)

View Item View Item