Afroch, Nismatul (2016) Using categorial vocabulary strategy to improve descriptive paragraph writing skill of the 10th graders of MAN Tambak Beras Jombang / Nismatul Afroch. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Afroch N. 2016. Using a Strategy Categorical Vocabulry yo Improve Descriptive Paragraph Writing Skill of the 10th Graders of Man Tambak Beras Jombang. Thesis English Department Faculty of Letters State University of Malang. Advisor 1 Dra. S. Nurul Muthmainah M.A. Advisor 2 Dr. Sintha Tresnadewi M.Pd. Kata kunci Paragraf deskriptif kosa kata berkategori Menulis adalah salah satu dari keempat keterampilan bahasa inggris yang sangat berperan penting untuk murid belajar bahasa inggris sebagai bahasa asiing. Dalam menulis paragraf murid dianggap memiliki keteraampilan yang bagus dalam menulis ketka mereka dapat mengekspresikan ide menyusun dalam sebuah paragraf yang mengandung isi yang bagus susunan yang tepat kosa kata yang sesuai dan benar tata bahasa yang tepat dan mekanik yang sesuai. Penelitian ini direncanakan untuk meningkatkat keterampilan menulis murid dalam menulis paragraf deskriptif di MAN Tambak Beras Jombang. Berdasarkan persiapan penelitian dengan mewawancarai seorang guru bahasa inggris membagikan kuisoner dan melakukan pre-test untuk murid diketahui jika murid X MIPA 8 memiliki beberapa masalah dalammenulis deskriptif paragraf. Masalah utama dari murid dalam pembelajaran mereka adalah kurangnya kosa kata karena faktor inilah kulitas tulisan mereka sangat rendah. Tanpa kosa kata yang cukup murid tidak dapat mengembangkan ide dan isi mereka dan mereka juga tidak dapat menyusun ide dan isi dengan baik.Oleh karena itu peneliti melakukan sebuah penelitian untuk memecahkan masalah. Peneliti menggunakan sebuah strategi kosa kata semantik dengan menggunakan Categorical vocabularyuntuk meningkatkan kemampuan menulis murid. Categorical vocabularyadalah sebuah kumpulan kosa kata dari strategi semantikberkait yang menggunakan perangkat yang didesain dalam bentuk word listyang memuat beberapa kosa kata yang bisa digunakan untuk mendiskripsikan orang dan tempat. Categorical vocabulary membantu memperkaya kemampuan kosa kata murid dan mengembangkan ide ide. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang memiliki empat langkah. Diantaranya perencanaan penerapan pengamatan refleksi. Subjek dari penelitian adalah murid X MIPA 8 di MAN Tambak Beras Jombang pada semester pertama tahun pelajaran 2015-2016. Ada 35 murid di kelas. Penelitian ini menggunakan enam instrumen. Diantaranya saran penulisan rubrik penilaian dari keterampilan menulis cek list observasi catatan lapangan dan kuisoner. Berdasarkan hasil temuan bisa disimpulkan bahwa pengimplementasian sebuah stratgy kosa kata semantik dengan menggunakan Categorical vocabulary dapat dapat meningkatkan keterampilan menulis pada paragraf deskriptif. Ini dibuktikan dengan kebanyakan murid yang lulus nilai minimal 75. Ada 91 42% dari murid atau 32 dari 35 murid yang nilainya sama dengan atau diatas 75. Setelah strategi ini diterapkan murid menunjukkan respon yang positif. Kebanyakan murid menukai dan nyaman dengan pengimplementasian Categorical vocabulary.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10324 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |