Pembelajaran pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar pengukuran satuan waktu di kelas IV SD Negeri Pogar III Pasuruan / Siti Rochmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar pengukuran satuan waktu di kelas IV SD Negeri Pogar III Pasuruan / Siti Rochmah

Rochmah, Siti (2010) Pembelajaran pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar pengukuran satuan waktu di kelas IV SD Negeri Pogar III Pasuruan / Siti Rochmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rochmah S 2010. Pembelajaran Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengukuran Satuan Waktu di Kelas IV SD Negeri Pogar III Pasuruan. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Harmini S.Pd M.Pd (II) Drs. Sumanto M.Pd Kata kunci pembelajaran waktu pemecahan masalah matematika sekolah dasar. Guru sebagai pelaksana dan pengembang pembelajaran harus mampu memilih menerapkan pendekatan dan metode untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil observasi awal ditemukan bahwa hasil belajar siswa di SDN Pogar III dengan materi pokok pembelajaran pengukuran yang berkenaan dengan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu. Sebagian besar (85%) dari 23 siswa nilai hasil belajarnya masih tergolong rendah. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pembelajaran pemecahan masalah tentang pengukuran satuan waktu pelajaran matematika kelas IV SD Negeri Pogar III Pasuruan (2) Mendeskripsikan hasil belajar pengukuran satuan waktu pelajaran matematika dengan diterapkannya pembelajaran pemecahan masalah di kelas IV SD Negeri Pogar III Pasuruan dan (3) Mendeskripsikan persepsi siswa terhadap pembelajaran pemecahan masalah tentang pengukuran satuan waktu pelajaran matematika kelas IV SD Negeri Pogar III Pasuruan. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) melalui empat tahapan perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi hasil tindakan. Penelitian ini direalisasikan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tiga kali pertemuan meliputi kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir. Secara teknis pelaksanaan tindakan pembelajaran ini dilakukan oleh peneliti selaku guru mata pelajaran matematika dan dibantu seorang guru (teman sejawat) sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pogar III Pasuruan mulai bulan Mei 2010 sampai dengan bulan Juli 2010 sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 23 orang siswa. Instrumen pengumpulan data yang dipergunakan adalah lembar tes soal lembar observasi (pengamatan) dan catatan lapangan dan lembar angket. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif yang meliputi tahapan menelaah data mereduksi data memaparkan data dan menyimpulkan data. Evaluasi keberhasilan tindakan dengan menggunakan tolok ukur yang ditetepkan 70%. Hasil observasi awal masih di bawah KKM. Setelah dilaksanakan siklus 1 mengalami peningkatan 21 04% dan di akhir siklus 2 mengalami peningkatan 78 96% Saran yang dilakukan dengan hasil penelitian ini (1) Guru perlu memberikan alokasi waktu yang memadai (2) Bagi kepala sekolah perlu adanya bimbingan dan supervisi (3) Bagi peneliti lain perlu dilakukan penelitian lanjut terhadap aspek-aspek yang belum berhasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103237

Actions (login required)

View Item View Item