Pendidikan matematika realistik Indonesia untuk meningkatkan kemampuan menghitung luas bangun datar di kelas III SDN Pakukerto 1 / Sutiyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendidikan matematika realistik Indonesia untuk meningkatkan kemampuan menghitung luas bangun datar di kelas III SDN Pakukerto 1 / Sutiyani

Sutiyani (2010) Pendidikan matematika realistik Indonesia untuk meningkatkan kemampuan menghitung luas bangun datar di kelas III SDN Pakukerto 1 / Sutiyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sutiyani. 2010. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung Luas Bangun Datar di Kelas III SDN Pakukerto 1 Kecamatan Sukorejo Pasuruan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing 1) Dra. Sri Harmini M.Pd 2) Drs. Usep Kustiawan M.Sn Kata Kunci Matematika Realistik Luas Bangun Datar Penelitian ini berlatar belakang adanya guru yang masih mendominasi pembelajaran di dalam kelas dengan menenerapkan pendekatan pembelajaran konvensional dimana kegiatan masih terpusat pada guru. Hal ini menyebabkan aktivitas belajar siswa kurang maksimal dan hasil belajarnya dibawah standar ketuntasan belajar minimal situasi belajar kurang menyenangkan serta siswa kurang berani bertanya dan menyampaikan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia untuk meningkatkan kemampuan menghitung Luas Persegi dan Persegi Panjang Mendeskripsikan aktivitas siswa dalam penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Kompetensi Dasar Menghitung Luas Persegi dan Persegi Panjang dan mendapatkan data empiris tentang peningkatan hasil belajar menghitung persegi dan persegi panjang melalui Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dilakukan dengan langkah-langkah yaitu penyelesaian masalah penalaran komunikasi kepercayaan diri dan representasi Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model kolaborasi antara peneliti dan guru kelas III SDN Pakukerto 1 mulai dari proses identiffikasi masalah perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran matematika reaslistik dapat meningkatkan kemampuan menghitng luas persegi dan persegi panjang meningkatkan aktifitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I 67 7% dan siklus II 83 6% Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Hal ini terbukti pada hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Dalam mengajarkan matematika disarankan pada guru-guru hendaknya menggunakan pendekatan PMRI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103234

Actions (login required)

View Item View Item