Peningkatan hasil belajar PKn melalui model learning together siswa kelas II di SDN Kuningan Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar / Zaenal Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui model learning together siswa kelas II di SDN Kuningan Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar / Zaenal Arifin

Arifin, Zaenal (2010) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model learning together siswa kelas II di SDN Kuningan Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar / Zaenal Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifin Zaenal. 2010. Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Model Learning Together Siswa Kelas II di SDN Kuningan Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan KSDP S 1 PGSD Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Widayati M.H (2) Drs. Sunyoto S.Pd M.Si. Kata Kunci hasil belajar siswa learning together PKn sekolah dasar. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan usaha untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan siswa agar mereka secara lahir dan batin dapat menghayati dan mengamalkan Pancasila dalam segala aspek kehidupan. Berdasarkan studi pendahuluan terhadap pelaksanaan pembelajaran PKn di SDN Kuningan Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar diketahui bahwa pembelajaran PKn di SDN Kuningan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh SDN Kuningan KKM yang ditentukan untuk mata pelajaran PKn di SD tersebut adalah 65. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa peneliti mengangkat judul penelitian Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Model Learning Together siswa kelas II di SDN Kuningan Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian siswa kelas II SDN Kuningan Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar dengan jumlah siswa 12 anak. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes dokumentasi dan observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Analisis data dilakukan setelah pemberian tindakan pada masing-masing siklus yang telah dilakukan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran dengan model Learning Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Kuningan Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar dari nilai rata-rata kelas pada pra tindakan yang mencapai 62 08 pada siklus I peningkatan nilai rata-rata kelas mencapai 66 91 dan pada siklus II nilai rata-kelas meningkat menjadi 75 83. Jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar pada siklus I meningkat dibandingkan dengan Pra Tindakan. Pada siklus I ada 8 siswa atau 67% siswa dari 12 siswa yang tuntas belajar sedangkan siswa yang belum tuntas pada siklus I ada 4 siswa atau 33%. Pada siklus II ada 10 siswa atau 83 33% dari 12 siswa yang tuntas belajar sedangkan 2 siswa atau 16 67% siswa yang belum tuntas dalam belajar. Dengan menggunakan pendekatan model pembelajaran Learning Together ada peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar dalam siklus I dan siklus II. Selain ada peningkatan nilai secara individu hasil nilai belajar secara kelompokpun juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelompok pada siklus I dan siklus II. Dengan demikian terbukti bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Learning Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara individu maupun kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103233

Actions (login required)

View Item View Item