Peningkatan kemampuan membaca cepat melalui metode speed reading pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kebonagung 6 Pakisaji Malang / Meirina Tisna Widyastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca cepat melalui metode speed reading pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kebonagung 6 Pakisaji Malang / Meirina Tisna Widyastuti

Widyastuti, Meirina Tisna (2010) Peningkatan kemampuan membaca cepat melalui metode speed reading pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kebonagung 6 Pakisaji Malang / Meirina Tisna Widyastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tisna Meirina. 2010. Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat Melalui Metode Speed Reading pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kebonagung 06 Pakisaji Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd (2) Drs. H. Rumidjan M.Pd. Kata kunci Speed Reading Membaca cepat Sekolah Dasar Pesatnya perkembangan informasi menuntut setiap orang untuk berpacu dengan ledakan informasi di abad ini. Pembaca dituntut memiliki keterampilan membaca yang memadai. Dengan demikian diperlukan sebuah keterampilan membaca cepat. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode Speed Reading dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kleas V SDN Kebonagung 6 Pakisaji dan Bagaimana peningkatan kemampuan membaca cepat melalui metode Speed Reading pada siswa kelas V SDN Kebonagung 6 Pakisaji. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode Speed Reading dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN Kebonagung 6 Pakisaji dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca siswa kelas V SDN Kebonagung 6 Pakisaji Malang dengan penggunaan metode Speed Reading. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kebonagung 6 Pakisaji Malang yang berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes lembar observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan proses analisis data penelitian ini berpedoman pada langkah-langkah analisis data penelitian kualitatif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang dilakukan secara bersamaan yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca cepat siswa melalui metode Speed Reading pada siswa kelas V SDN Kebonagung 6 Pakisaji Malang mengalami peningkatan. Hal ini dapat diketahui dari kecepatan membaca efektif siswa mulai dari pra tindakan sampai siklusII rata-rata naik sebesar 70 kpm. Kemampuan membaca memindai dan aktivitas kelompok mengalami peningkatan. Aktivitas siswa saat membaca mengalami peningkatan dari pra siklus sampai siklus II hanya 1 siswa dengan jarak mata ke teks 30 cm dan 2 siswa yang cara duduknya tidak tepat. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada guru dalam pembelajaran metode Speed Reading menggunakan jam digital agar siswa dapat dengan mudah dan teliti menghitung kecepatan membaca secara berpasangan sedangkan untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti aspek lain seperti penggunaan metode Speed Reading dapat meningkatkan kecepatan mengerjakan soal ulangan dan pengaruh kecepatan membaca dapat meningkatkan keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103231

Actions (login required)

View Item View Item