The teaching and learning of English vocabulary and pronunciation to an autistic students: a case study / Zulfa Alfi Inayah - Repositori Universitas Negeri Malang

The teaching and learning of English vocabulary and pronunciation to an autistic students: a case study / Zulfa Alfi Inayah

Inayah, Zulfa Alfi (2016) The teaching and learning of English vocabulary and pronunciation to an autistic students: a case study / Zulfa Alfi Inayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Inayah Zulfa Alfi. 2016.Belajar dan Pembelajaran Kosakata dan Pelafalan Bahasa Inggris pada seorang Siswa Autis Sebuah Studi Kasus. Skripsi Program Pendidikan Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sintha Tresnadewi. M.Pd. (II) Dr. Ekaning Dewanti Laksmi M.Pd. Kata kunci kosakata pelafalan autis studi kasus Bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang diajarkan secara global juga diajarkan pada siswa-siswa Autis sebagai mata pelajaran yang diwajibkan di Sekolah Luar Biasa di Indonesia. Salah satunya adalah SMPLB Putra Jaya Malang. Perbedaan kebutuhan dan karakteristik belajar pada siswa Autis membuat penelititertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai proses belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris pada siswa Autis. Namun melihat kemampuan siswa Autis pengajaran Bahasa Inggris di SMPLB Putra Jaya Malang terbatas pada pengajaran Kosakata dan Pelafalan saja. Maka dari itu penelitian ini focus pada pengajaran kedua aspek tersebut. Untuk memperoleh gambaran yang mendalam mengenai pengajaran dan pembelajaran Kosakata dan Pelafalan Bahasa Inggris pada siswa Autis studi ini menggunakan Studi Kasus sebagai desain penelitian. Subyek dari penelitian ini adalah seorang Guru Kelas dan seorang siswa Autis di kelas IX SMPLB Putra Jaya Malang. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan pedoman wawancara catatan lapangan rekaman video dan lembar tes. Pedoman wawancara digunakan saat melakukan wawancara untuk mendapatkan informasi mengenai guru siswa sekolah dan kurikulum yang dipakai. Pedoman wawancara dan rekaman video digunakan untuk membantu peneliti melakukan observasi di kelas. Sedangkan tes dalam bentuk pre-test dan post-test diberikan untuk mengukur keberhasilan siswa dalam mempelajari materi di kelas. Data yang diperoleh lalu dianalisis berdasarkan teori tentang pengajaran Bahasa Inggris pada siswa Autis dan siswa normal untuk mengetahui perbedaannya. Hasil dari pre-test dan post-test juga dibandingkan untuk mengetahui perkembangan siswa terhadap strategi Guru dalam mengajarkan Bahasa Inggris di kelas. Hasil dari penelitian ini menyajikan strategi yang digunakan oleh guru dalam mengajarkan kosakata dan pelafalan Bahasa Inggris pada siswa Autis dan perkembangan siswa setelah pertemuan di kelas. Dalam mengajarkan kosakata Bahasa Inggris diketahui bahwa ada dua strategi berbeda yang digunakan guru di dalam kelas. Pertama guru menggunakan kamus bergambar untuk membantu siswa untuk mengartikan kosakata. Kedua guru menggunakan vocabulary big book sebagai alat bantubagi siswa untuk menerjemahkan kosakata. Dalam mengejarkan pelafalan Bahasa Inggris guru menggunakan metode Listen and Repeat (Dengarkan dan Tirukan) dengan cara siswa membaca terlebih dahulu lalu guru membenarkan pelafalan yang salah. Perkembangan siswa dari pre-test dan post-test menunjukkan bahwa ada peningkatan pada pengetahuan kosakata dan pelafalan siswa setelah dua pertemuan tersebut. Dari hasil penelitian peneliti memberikan beberapa saran. Untuk guru Sekolah Luar Biasa disarankan agar menambah pengetahuan di bidang Bahasa Inggris agar tidak hanya dapat mengajarkan kosakata dan pelafalan tetapi juga materi dan keterampilan yang dapat mendukung kemampuan berkomunikasi. Mempelajari tentang pengajaran bahasa asing juga bermanfaat bagi para guru untuk dapat memahami kebutuhan siswa serta media dan aktivitas pembelajaran Bahasa Inggris yang menarik. Untuk peneliti selanjutnya dapat meneliti pengajaran Bahasa Inggris pada siswa autis lebih dalam dengan melakukan penelitian dengan waktu yang lebih lama hingga saturasi data tercapai. Disarankan juga bagi peneliti untuk memperluas subyek penelitian serta menyertakan keterampilan dan unsur bahasa lain. Jika menggunakan tes menggunakan jenis tes subyektif sangat disarankan agar mendapat hasil yang reliable.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10323

Actions (login required)

View Item View Item