Penggunaan media kongkrit dan gambar untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas I SDNU Bangil / Saidah Misdiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media kongkrit dan gambar untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas I SDNU Bangil / Saidah Misdiana

Misdiana, Saidah (2010) Penggunaan media kongkrit dan gambar untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas I SDNU Bangil / Saidah Misdiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Misdiana Saidah.2009. Penggunaan Media Konkrit Dan Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas I SDNU Bangil. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Heru Agus T. M.Pd (2) Drs. Usep Kustiawan M.Sn Kata kunci Media Konkrit dan Gambar Aktivitas belajar Hasil Belajar Berdasarkan observasi dan wawancara yg dilaksanakan terhadap guru kelas kepala sekolah serta beberapa siswa kelas I pada 16 Juli 2009 ditemukan adanya permasalahan pada pembelajaran IPA. Permasalahan yang dijumpai adalah rendahnya aktivitas siswa yang ditunjukkan dengan siswa tidak memperhatikan bicara sendiri dan pembelajaran bersifat tradisional dengan metode ceramah dan latihan soal.sedangkan hasil belajar IPA siswa kelas I. dg nilai rata-rata IPA adalah 50 83. Hal ini menggambarkan hasil belajar siswa kelas I belum mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 65. karena itu perlu diupayakan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut dengan cara memperbaiki proses pembelajaran salah satunya dengan penggunaan media konkret dan gambar pada pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah proses dan hasil penggunaan media konkrit dan gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas I SDNU Bangil. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan mulai bulan Juli sampai akhir Oktober 2009. Tindakan kelas dilaksanakan sejak awal Agustus sampai Oktober 2009. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas empat fase yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas I SDNU Bangil yang terdiri dari 30 siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media konkrit dan gambar pada pembalajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas belajar di buktikan pada siklus I (a).Kegiatan visual membaca 73% memperhatikan pelajaran 83% pada siklus II kegiatan visual membaca 83% ( 10%) memperhatikan pelajaran 93% ( 10%). (b). Kemudian pada siklus I kegiatan lisan melapor 73% bertanya 20% menjawab pertanyaan 26%) dan pada siklus II ada peningkatan (kegiatan lisan melapor 100% ( 16%) bertanya 33% ( 13%) menjawab pertanyaan 43% ( 17%)). (c). Pada siklus I untuk kegiatan mendengarkan mendengar penjelasan 81% dan meningkat pada siklus II kegiatan mendengar penjelasan 100% ( 10%). (d). Untuk kegiatan menulis pada siklus I mengerjakan LKS 50% dan pada siklus II untuk kegiatan menulis mengerjakan LKS 83% ( 33%). Kegiatan emosional pada siklus I (berdiskusi 60% merasa senang dan gembira 90%) pada siklus II meningkat (berdiskusi 100% ( 40%) merasa senang dan gembira 100%( 7%)). Dan Hasil Belajar siswa kelas I SDNU Bangil pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 58.87 dan pada siklus II 80 4 (diatas 60 sesuai dengan indikator keberhasilan) mengalami kenaikan skor 21 53. Dengan kata lain telah terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah menggunakan media konkrit dan gambar dalam pembelajaran IPA Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil implementasi di kelas tentang penggunaan media konkret dan gambar dalam peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas I SDNU adalah berhasil meski tidak 100% dan disarankan pada guru materi IPA agar pada pembelajaran IPA tidak saja menggunakan media konkret dan gambar tetapi juga menggunakan media lain yang bervariasi hingga lebih dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar serta memberikan siswa kesempatan untuk memunculkan pernyataan pendapat maupun pertanyaan untuk memacu proses kreatifitas siswa dan kemampuan mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103229

Actions (login required)

View Item View Item