Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pengukuran luas bangun datar melalui penerapan pohon matematika di kelas V SDN Sebandung II Pasuruan / Era Penida - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pengukuran luas bangun datar melalui penerapan pohon matematika di kelas V SDN Sebandung II Pasuruan / Era Penida

Penida, Era (2010) Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pengukuran luas bangun datar melalui penerapan pohon matematika di kelas V SDN Sebandung II Pasuruan / Era Penida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penida Era. 2010. Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pengukuran Luas Bangun Datar Melalui Penerapan Pohon Matematika Di Kelas V SDN Sebandung II Pasuruan. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Harmini S.Pd M.Pd (II) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si Kata kunci Memecahkan Masalah Pohon Matematika Luas Bangun Datar Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas III SDN Sebandung II Pasuruan pada waktu pelajaran matematika pembelajaran berpusat pada guru pembelajaran berlangsung satu arah penjelasan materi yang digunakan metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran dan penilaian hasil belajar masih rendah belum memenuhi standar ketuntasan minimal sekolah. Oleh karena itu pembelajaran dengan penerpan pohon matematika diharapkan dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kemampuan dan tanggapan (respon) siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran pemecahan masalah pengukuran luas bangun datar melalui penggunaan pohon matematika Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif model kolaboratif. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sebandung II Pasuruan. Dalam penelitian ini peneliti sebagai observer dan guru kelas (mitra peneliti) sebagai pengajar. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap silkus dilaksanakan tiga pertemuan. Analisis data secara deskriptif melalui instrumen penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulan bahwa pembelajaran dengan penerapan pohon matematika dapat meningkatkan kemampuan proses belajar siswa kearah lebih baik siswa terdorong dan termotivasi untuk belajar lebih giat dan kreatif. Aktivitas dan interaksi siswa dalam kegiatan belajar mengajar lebih bergairah dan optimal. Meningkatkan kemampuan hasil belajar kearah yang lebih optimal. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 58 7% meningkat menjadi 64 25%. Respon siswa terhadap pembelajaran baik karena dapat menambah pengalaman baru dalam memecahkan atau menyelesaikan masalah/soal-soal pengukuran luas bangun datar melalui gambar pohon matematika. Berdasarkan hasil penelitian disarankan pembelajaran menggunakan media pohon matematika bisa dijadikan alternatif pembelajarn di kelas peran guru dan pembimbingan siswa untuk bekerja sama dalam pelaksanaan diskusi hendaknya diperhatikan agar siswa lebih dapat mengembangkan hasil belajarnya secara maksimal dan menyediakan waktu yang cukup bagi siswa untuk menyelesaikan soal-soal baik LKS maupun ulangan harian (post test).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103225

Actions (login required)

View Item View Item