Penerapan pembelajaran kooperatif model student team achievement division untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar IPS siswa kelas V NI Miftahul Huda Kec. Prigen Kab. Pasuruan / Nanik Widiawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model student team achievement division untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar IPS siswa kelas V NI Miftahul Huda Kec. Prigen Kab. Pasuruan / Nanik Widiawati

Widiawati, Nanik (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model student team achievement division untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar IPS siswa kelas V NI Miftahul Huda Kec. Prigen Kab. Pasuruan / Nanik Widiawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran IPS di kelas V MI Miftahul Huda Kec. Prigen Kab. Pasuruan ditemukan fakta bahwa banyak siswa yang bermain sendiri saat belajar kelompok berlangsung ada siswa yang mencontek jawaban teman sekelompok dan satu siswa yang mengerjakan tugas kelompok. Perolehan nilai pada materi pengajarannya sebesar 61 18. Siswa dalam kegiatan kelompok belum nampak dalam bekerjasama oleh karena itu akan diterapkan pembelajaran kooperatif model STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran aktivitas siswa peningkatan kerjasama dan hasil belajar IPS siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif model STAD di kelas V MI Miftahul Huda Kec. Prigen Kab. Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain PTK model siklus. Pelaksanaan tindakan dilakukan dengan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yang meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Miftahul Huda Prigen sebanyak 28 siswa. Data dikumpulkan dengan metode observasi wawancara dokumentasi dan tes tulis. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi pedoman wawancara catatan lapangan kamera soal pilihan ganda dan esai. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk data gambaran aktivitas dan kerjasama siswa dalam kelompok. Sedangkan analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk data hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran aktivitas yang ditunjukkan siswa selama pembelajaran meningkat. Hal ini nampak dengan ditunjukkannya aktivitas siswa seperti siswa tanya jawab tentang materi pengajaran saling berbagi tugas dan bekerjasama dalam mengerjakan tugas kelompok mengerjakan tes individu menyimpulkan materi pengajaran memberikan kesan dan saran atas pembelajaran yang dilakukan. Adapun kerjasama siswa dalam kelompok meningkat. Indikasinya siswa saling berpartisipasi dalam mengerjakan tugas kelompok berkomunikasi antar anggota kelompok dan bertanggung jawab. Hal itu nampak dilakukan siswa dengan saling berbagi tugas berdiskusi membantu temannya yang kurang memahami tugas atau materi pengajaran dan tanya jawab untuk memastikan pemahaman anggota kelompok terhadap materi pengajaran. Rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa meningkat pada siklus I 64 41 dan siklus II 75 31. Berdasarkan temuan diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar IPS siswa. Oleh karena itu agar kegiatan kerjasama siswa dalam kelompok efektif disarankan untuk adanya pengorganisasian dan penekanan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa dalam kelompok yang salah satunya dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103223

Actions (login required)

View Item View Item