Peningkatan kemampuan menulis respons melalui pembelajaran membaca dan menulis terpadu di kelas VI MI Miftahul Ulum Gondangwetan Pasuruan / Ulfatun Khasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis respons melalui pembelajaran membaca dan menulis terpadu di kelas VI MI Miftahul Ulum Gondangwetan Pasuruan / Ulfatun Khasanah

Khasanah, Ulfatun (2010) Peningkatan kemampuan menulis respons melalui pembelajaran membaca dan menulis terpadu di kelas VI MI Miftahul Ulum Gondangwetan Pasuruan / Ulfatun Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khasanah U. 2010. Peningkatan Kemampuan Menulis Respon Melalui Pembelajaran Membaca dan Menulis Terpadu di Kelas VI MI Miftahul Ulum Bajangan Gondangwetan Pasuruan. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah. Program Studi S1 PGSD. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M.Pd. (II) Drs. Harry Purwanto S.Pd. M.Pd. Kata Kunci menulis respon pembelajaran membaca dan menulis terpadu SD Dalam kehidupan sehari-hari manusia selalu berkomunikasi dengan orang lain baik secara lisan maupun tulis. Oleh karena itu manusia harus mampu berkomunikasi sesuai fungsi dan etika yang berlaku dalam kehidupan masyarakat (terampil berbahasa) termasuk terampil menulis. Kemampuan berkomunikasi melalui bahasa tulis sangat dibutuhkan oleh setiap anggota masyarakat apalagi dewasa ini perkembangan teknologi komunikasi sangat cepat. Oleh karena itu pembelajaran menulis sangat perlu diajarkan mulai di Sekolah Dasar (SD). Berdasarkan hasil observasi di kelas VI MI Miftahul Ulum Bajangan Gondangwetan Pasuruan ditemukan permasalahan kemampuan menulis siswa yang masih rendah. Salah satu penyebabnya diduga karena penggunaan pendekatan pembelajaran dan bahan ajar yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran membaca dan menulis terpadu untuk meningkatkan kemampuan menulis respon siswa kelas VI (2) implementasi pembelajaran membaca dan menulis terpadu untuk meningkatkan kemampuan menulis respon siswa kelas VI (3) hasil implementasi pembelajaran membaca dan menulis terpadu untuk meningkatkan kemampuan menulis respon siswa kelas VI. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyeknya 15 siswa kelas VI MI Miftahul Ulum Bajangan Gondangwetan Pasuruan. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi lembar penilaian proses lembar penilaian kemampuan menulis tes dan wawancara. Analisa data dilakukan dengan mengelompokkan data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari instrumen penilaian proses dan wawancara sedangkan data kuantitatif diperoleh dari tes instrumen observasi dan penilaian kemampuan menulis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Hal ini diketahui dari ketuntasan belajar kelas mulai dari pra tindakan sebesar 13 3%. Setelah dilakukan tindakan siklus 1 menjadi 66 7% atau meningkat sebesar 53 4%. Kemudian di siklus 2 meningkat sebesar 20% menjadi 86 7%. Secara keseluruhan peningkatan yang diperoleh mulai dari pratindakan sampai tindakan siklus 2 sebesar 73 4%. Secara umum disimpulkan pembelajaran membaca dan menulis terpadu dapat meningkatkan kemampuan menulis respon siswa kelas VI melalui tahap prabaca saatbaca pascabaca pada proses membaca dan tahap pramenulis menulis merevisi mengedit dan mempublikasikan. Disarankan kepada guru untuk menjadikan pembelajaran membaca dan menulis terpadu sebagai alternatif dalam meningkatkan kemampuan menulis di kelas VI maupun di kelas yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103221

Actions (login required)

View Item View Item