Peningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran tematik tema kesehatan di kelas III SDN Menyarik Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan / Eka Yunita - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran tematik tema kesehatan di kelas III SDN Menyarik Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan / Eka Yunita

Yunita, Eka (2010) Peningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran tematik tema kesehatan di kelas III SDN Menyarik Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan / Eka Yunita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yunita Eka. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Tematik Tema Kesehatan di Kelas III SDN Menyarik Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Program Studi S1 PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Wayan Sutama M.Pd (2) Drs. Suharjo M.S. M.A Kata Kunci Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Tema Kesehatan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya praktik pembelajaran di kelas III SDN Menyarik yang relatif rendah. Penyerapan materipun masih belum optimal dan nilai rata-rata kelas masih rendah karena banyak siswa yang mendapat nilai di bawah standar nilai ketuntasan yang ditetapkan oleh pihak sekolah yaitu siswa mendapat skor minimal 70 dalam setiap pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran tematik tema kesehatan di kelas III SDN Menyarik (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah diajar melalui pembelajaran tematik tema kesehatan di kelas III SDN Menyarik. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model kolaboratif. PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada siklus I dilaksanakan dalam 4 hari dan siklus II selama 2 hari. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Menyarik Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan dengan jumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan adalah observasi dokumentasi wawancara dan tes. Hasil penelitian pembelajaran tematik tema kesehatan ini dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas III SDN Menyarik Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan hasil formatif yang meningkat yaitu dari skor pra tindakan mencapai rata-rata 51 67 sedangkan skor rata-rata 63 33 pada siklus I ke 83 61 pada siklus II. Pada siklus II ini sudah mencapai ketuntasan belajar di atas 75% sehingga kegiatan penelitian dihentikan. Dampak dari penerapan metode pembelajaran tematik ini dapat meningkatkan tingkat aktivitas belajar siswa standar nilai ketuntasan belajar siswa dan cara menerapkan pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran tematik di sekolah. Bagi siswa agar lebih aktif dalam proses pembelajaran serta siswa dapat menerapkan hasil dari pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Bagi peneliti selanjutnya dapat memberi informasi wawasan serta dapat meningkatkan lagi hasil dari penelitian ini dan pada penelitian tentang pembelajaran tematik dapat terlaksana lebih sempurna lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103217

Actions (login required)

View Item View Item