Peningkatan hasil belajar soal cerita dengan pendekatan penemuan terbimbing pada siswa kelas IV SDN Kolomayan 01 Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar / Dedi Churniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar soal cerita dengan pendekatan penemuan terbimbing pada siswa kelas IV SDN Kolomayan 01 Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar / Dedi Churniawan

Churniawan, Dedi (2010) Peningkatan hasil belajar soal cerita dengan pendekatan penemuan terbimbing pada siswa kelas IV SDN Kolomayan 01 Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar / Dedi Churniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Churniawan Dedi. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas IV SDN Kolomayan 01 Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. HM. Zainuddin M.Pd. (II) Dra. Hj. Lilik Bintartik M.Pd. Kata kunci pendekatan penemuan terbimbing soal cerita hasil belajar. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang perlu diberikan kepada semua siswa mulai sekolah dasar untuk membekali siswa dengan kompetensi berpikir logis analitis sistematis kritis dan kreatif. Berbagai kompetensi tersebut diberikan agar siswa mampu menerapkan konsep matematika dalam memecahkan masalah yang erat kaitannya dalam kehidupan sehari-hari. Soal cerita pecahan merupakan salah satu materi dalam matematika. Dalam menyelesaikan soal cerita pecahan siswa kelas IV SDN Kolomayan 01 mengalami kesulitan sehingga hasil belajar siswa pada soal cerita pecahan sangat rendah dengan rata-rata 55 64. Karena itulah peneliti melakukan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar soal cerita pecahan. Tindakan yang dilakukan adalah menerapkan pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu jenis penelitian tindakan kelas. Tahapan penelitian dilakukan sesuai tahap yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart. Subjek peneliti berjumlah 11 siswa. Data yang diambil adalah data tentang hasil belajar siswa keterlaksanaan pendekatan penemuan terbimbing kegiatan guru dalam mengajar dan respon siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi tes dan angket. Teknik analisa data dilakukan setelah pelaksanaan tindakan pada setiap siklus. Analisa data merupakan proses menyeleksi menyederhanakan memfokuskan mengabstraksikan dan mengorganisasi data secara sistematik dan rasional untuk menyusun jawaban terhadap tujuan penelitian. Untuk hasil belajar digunakan SKM sebagai standar ketuntasan siswa dalam belajar. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut hasil belajar siswa soal cerita pecahan mengalami peningkatan dari hasil tes akhir diperoleh prosentase ketuntasan belajar pada pra tindakan 27 27% dengan kategori sangat kurang siklus I 81 81% dengan kategori baik dan siklus II 100% dengan kategori sangat baik. Keterlaksanaan pendekatan penemuan terbimbing dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan dari siklus I 54 45 % dengan kategori cukup dan siklus II 81 81% dengan kategori baik. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan agar guru mencoba menerapkan pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing untuk mengatasi kesulitan siswa menyelesaikan soal cerita pecahan sedangkan untuk peneliti lain diharapkan dapat menyempurnakan penelitian ini dengan menerapkannya pada ruang lingkup yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103213

Actions (login required)

View Item View Item