Peningkatan prestasi belajar perkalian dan pembagian dasar pada siswa kelas IV SDN Kauman Bangil dengan menggunakan pendekatan educational game "garis perkalian" / Marianah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan prestasi belajar perkalian dan pembagian dasar pada siswa kelas IV SDN Kauman Bangil dengan menggunakan pendekatan educational game "garis perkalian" / Marianah

Marianah (2010) Peningkatan prestasi belajar perkalian dan pembagian dasar pada siswa kelas IV SDN Kauman Bangil dengan menggunakan pendekatan educational game "garis perkalian" / Marianah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Marianah. 2010. Peningkatan Prestasi Belajar Perkalian Dan Pembagian Dasar Pada Siswa Kelas IV SDN Kauman Bangil Dengan Menggunakan Pendekatan Educational Game Garis Perkalian. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Irianto M.Pd. (II) Dra.Hj. Endang Setyo Winarni M.Pd. Kata Kunci Garis Perkalian Perkalian dan Pembagian Dasar Prestasi Belajar. Matematika merupakan ilmu pengetahuan praktis yang menjabarkan tentang konsep-konsep hitung akan tetapi dalam pelaksanaan sehari-hari dibutuhkan ketrampilan untuk mampu menerapkan konsep tersebut dalam memecahkan masalah sehingga diperlukan banyak latihan. Hal ini berlawanan dengan kenyataan di kelas. Berkaitan dengan matematika di kelas IV SDN Kauman Bangil yang merupakan permasalahan adalah materi perkalian dan pembagian dasar. Masalahnya adalah siswa kurang hafal perkalian dan pembagian dasar sehingga berakibat rendahnya hasil prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa materi perkalian dan pembagian dasar dengan menggunakan pendekatan educational game garis perkalian. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan rancangan PTK yang dilakukan selama 2 bulan sejak pertengahan Desember 2009 sampai dengan awal Januari 2010. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kauman Bangil yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut keaktifan siswa mengalami peningkatan 17 8% yaitu dari78 6% menjadi 96 4% untuk aspek keberanian mengalami peningkatan 23 8% yaitu dari 67 9% menjadi 91 7% sedangkan pada aspek sportifitas mengalami peningkatan 35 7% yaitu dari 48 8% menjadi 84 5%. Peningkatan Prestasi siswa juga relatif tinggi dari nilai rata-rata kelas 58 5 siklus 1 menjadi 87 9 pada siklus 2 secara keseluruhan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai target yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar semakin sering Educational Game Garis Perkalian diterapkan dalam KBM matematika sebab semakin sering digunakan akan semakin meningkatkan daya tarik siswa terhadap matematika. Apabila anak sudah tertarik kepada matematika dengan sendirinya mereka akan giat belajar dan berlatih dalam penerapan konsep perkalian dan pembagian. Kemauan belajar yang tinggi merupakan modal utama dalam mencapai peningkatan prestasi belajar siswa secara maksimal pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103212

Actions (login required)

View Item View Item